skip to main content

HUBUNGAN ASUPAN PROTEIN DAN KAFEIN DENGAN KEPADATAN TULANG PADA WANITA DEWASA MUDA

Published: .

Citation Format:
Abstract

 

*)Penulis Penanggungjawab

 Latar Belakang : Asupan protein dan kafein berlebihan akan menurunkan kepadatan tulang pada wanita dewasa muda. Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan konsentrasi kalsium pada urin. Sebaliknya, status gizi, aktivitas fisik, asupan kalsium dan fosfor merupakan faktor yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Tujuan : Mengetahui hubungan asupan protein dan kafein dengan kepadatan tulang pada wanita dewasa muda.

Metode : Desain penelitian cross sectional dengan subyek 86 wanita usia 18-23 tahun dipilih dengan metode simple random sampling. Data yang diambil adalah berat badan, tinggi badan, asupan protein, kafein, kalsium, fosfor, skor aktivitas fisik, dan nilai kepadatan tulang. Analisis bivariat menggunakan uji rank spearman dan analisis multivariat menggunakan uji regresi linear berganda.

Hasil : Osteopenia ditemukan pada 30,2% subyek. Selain itu, 66,3% subyek memiliki status gizi normal, 97,7% memiliki aktivitas fisik sedang, 50% memiliki asupan protein  berlebih, seluruh subyek (100%) memiliki asupan kafein cukup, asupan kalsium dan fosfor kurang dari AKG masing-masing 75,6% dan 58,1%. Asupan protein dan kafein tidak memiliki hubungan dengan kepadatan tulang (p>0,05). Namun, status gizi (r=0,369), aktivitas fisik (r=0, 0,230), dan berat badan (r=0,312) memiliki hubungan bermakna dengan kepadatan tulang (p<0,05). Pada analisis regresi, hanya status gizi yang mempengaruhi kepadatan tulang (B=0,113).

Kesimpulan : Asupan protein dan kafein tidak memiliki hubungan dengan kepadatan tulang pada wanita dewasa muda. Akan tetapi,  status gizi,aktivitas fisik, dan berat badan memiliki hubungan bermakna dengan kepadatan tulang sedangkan status gizi merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap nilai kepadatan tulang.

Fulltext View|Download
Keywords: kepadatan tulang; asupan protein; asupan kafein; status gizi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.