skip to main content

ANALISIS KADAR TOKOFEROL, -ORYZANOL DAN Β-KAROTEN SERTA AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MINYAK BEKATUL KASAR

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten merupakan antioksidan non polar yang berfungsi menghambat peroksidasi lipid dan mencegah stres oksidatif. Ketiga antioksidan ini terkandung dalam bekatul dan dapat dipertahankan kadarnya secara efektif dalam bentuk minyak bekatul kasar. Kadar ketiganya dalam minyak bekatul kasar berbeda sesuai dengan varietas bekatul. Beberapa di antaranya adalah varietas bekatul hasil budidaya organik beras putih mansur, beras taun merah dan beras hitam dari Desa Wongaya Betan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Propinsi Bali

Tujuan : Menganalisis kadar tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten serta hubungannya dengan aktivitas antioksidan minyak bekatul kasar..

Metode : Eksperimental rancangan acak lengkap dengan satu perlakuan tiga variasi (t = 3) yaitu minyak bekatul kasar putih, merah dan hitam, masing-masing tujuh pengulangan (r = 1,2,3,4,5,6,7) secara duplo. Variabel bebas adalah kadar tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten minyak bekatul kasar sedangkan variabel terikat adalah aktivitas antioksidan minyak bekatul kasar.

Hasil : Rendemen minyak bekatul kasar yang dihasilkan menggunakan pelarut n-Hexane dari 100 g bekatul sebesar 5,16 % hingga 6,85 %. Kadar tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten serta aktivitas antioksidan tertinggi masing-masing terdapat pada minyak bekatul kasar putih (18.346 ± 2.902 ppm), merah (24.200 ± 944 ppm), hitam (3,71 ± 0,410 ppm) dan  merah (68,66 ± 3,682 %). Terdapat hubungan yang kuat (rs = 0,538 - 0,663) hingga sangat kuat (rs = 0,738) antara kadar tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten dengan aktivitas antioksidan minyak bekatul kasar.

Simpulan : Kadar tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten serta aktivitas antioksidan tertinggi masing-masing terdapat pada minyak bekatul kasar putih, merah, hitam dan  merah. Ada hubungan antara kadar tokoferol, g-oryzanol dan β-karoten dengan aktivitas antioksidan minyak bekatul kasar.

Fulltext View|Download
Keywords: Tokoferol; -Oryzanol; β-Karoten; Aktivitas Antioksidan; Minyak Bekatul Kasar

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.