skip to main content

Pengaruh Pemberian Sari Ubi Ungu (Ipomea batatas L.) Terhadap KadarHigh Sensitivity C-Reactive Protein(hs-CRP) Pada Tikus Sprague Dawley Dengan Pakan Tinggi Lemak

Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 9 Nov 2018; Published: 19 Nov 2018.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Komposisi makanan tinggi lemak dapat menjadi faktor terjadinya obesitasyang menyebabkan oksidasi lemak. Oksidasi lemak dapat menyebabkan inflamasi yang dikarakterisasikan dengan tingginya kadar High Sensitivity C-Reactive Protein (hs-CRP). Ubi ungu kaya akan antioksidan terutama antosianin yang mungkin dapat menurunkan kadar hs-CRP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sari ubi ungu terhadap kadar hs-CRP tikus sprague dawley dengan pakan tinggi lemak.

Metode: Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan  pre-post test control group design. 24 tikus sprague dawley jantan dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kontrol negatif, kontrol positif, perlakuan 1 dan perlakuan 2. Perlakuan 1 dan 2 diberikan sari ubi ungu dengan dosis 2 gram/200grBB dan 3 gram/200grBB berturut-turut selama 6 hari. Sebelum dan sesudah perlakuan, kadar hs-CRP dianalisis dengan menggunakan metode ELISA (Enzyme Linked Immunosorbent Assay).

Hasil: Selisih kadar  hs-CRP pada keolompok kontrol negatif, kontrol positif, perlakuan 1 dan perlakuan 2 adalah 0.4±0.20, -0.07±4.70, -4.3±0.79 dan -8.1±0.45. Terdapat perbedaan signifikan kadar  hs-CRP antar kelompok sesudah intervensi (p=<0.001). Pada kelompok perlakuan 2 terdapat penurunan yang paling tinggi (persen delta 33,33% dengan nilai p=<0.001).

Simpulan: Sari ubi ungu dapat menurunkan kadar  High Sensitivity C-Reactive Protein (hs-CRP) secara signifikan.

Fulltext View|Download
Keywords: Ubi Ungu, kadar High Sensitivity C-Reactive Protein (hs-CRP)

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.