skip to main content

Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Binahong (Anredera Cordifolia) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Wanita Dewasa

Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 26 Jul 2018.

Citation Format:
Abstract

Latarbelakang : Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu penyakit metabolik yang terjadi akibat kerusakan pada sekresi insulin dan kerja insulin yang dapat diukur dengan melihat kadar glukosa dalam darah. Daun binahong memiliki kandungan saponin yang mempunyai aktivitas seperti insulin, dapat menghambat lipolisis, dan meningkatkan pengambilan glukosa oleh sel adipose. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan perubahan kadar glukosa darah pada wanita dewasa.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan rancangan control group pre test – post test pada 22 wanita dewasa di perumahan PGRI, kantor disnakertrans dan kantor kesbangpol kota semarang usia 34-53 tahun pada bulan juni 2016. Kelompok perlakuan diberikan rebusan daun binahong sebanyak 155 g/70 kgBB sedangkan kelompok control diberikan 2 g gula 0 kalori dengan penambahan air sebanyak 250 ml.  Intervensi dilakukan selama 14 hari. Metode t-test digunakan untuk menganalisis uji beda pengaruh rebusan daun binahong terhadap kadar gula darah puasa sebelum dan sesudah intervensi.

Hasil: Terdapat perbedaan signifikan kadar GDP antara kedua kelompok (p<0.05), dimana kadar GDP 89.64±9.45 mg/dl pada kelompok perlakuan dan 98.54±15.00 mg/dl pada kelompok kontrol. Terjadi penurunan kadar GDP pada kelompok perlakuan (99.45 ± 10.80 mg/dl) menjadi (89.64 ± 9.45 mg/dl). Peningkatan kadar GDP terjadi pada kelompok kontrol (95.64 ± 13.50 mg/dl) menjadi (98.54 ± 15.00 mg/dl).

Kesimpulan : Pemberian rebusan daun binahong dapat menurunkan kadar gula darah puasa pada wanita dewasa.

Fulltext View|Download
Keywords: Rebusan daun binahong, gula darah puasa, wanita dewasa, saponin

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.