skip to main content

SNACK BAR KACANG MERAH DAN TEPUNG UMBI GARUT SEBAGAI ALTERNATIF MAKANAN SELINGAN DENGAN INDEKS GLIKEMIK RENDAH

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang prevalensi penderitanya tiap tahun terus meningkat. Salah satu yang perlu diperhatikan penderita DM tipe II adalah pemilihan makanan dengan indeks glikemik rendah agar kadar gula darah tetap terkontrol. Kadar serat dan pati resiten termasuk yang mempengaruhi indeks glikemik. Pengolahan snack bar kacang merah dan tepung umbi garut diharapkan dapat menjadi makanan selingan rendah IG.

Tujuan: Mengetahui kadar serat, pati resisten, nilai indeks glikemik dan beban glikemik (BG) snack bar kacang merah dan tepung umbi garut.

Metode: Merupakan penelitian dengan rancangan acak lengkap satu faktor dengan subsitusi kacang merah 0%,10%,20%,30% . Kadar serat kasar pada snack bar ditentukan dengan metode gravimetri, sedangkan kadar pati resisten ditentukan dengan metode AOAC. Dilanjutkan dengan uji tingkat penerimaan pada 25 panelis untuk menentukkan formulasi terbaik. Kemudian nilai indeks glikemik ditentukan dengan metode IAUC berdasarkan hasil pengukuran kadar gula darah dari 10 responden. Beban glikemik diperoleh dengan mengalikan indeks glikemik dengan available karbohidrat yang berasal dari total pati dan total gula kemudian dibagi 100.

Hasil: Subsitusi kacang merah berpengaruh nyata terhadap kadar serat, kadar pati resisten. Tingkat penerimaan menunjukkan bahwa yang paling diterima adalah formulasi 70% tepung umbi garut dan 30% kacang merah. Nilai IG dan BG dari snack bar dengan formulasi 70 % tepung umbi garut dan 30% kacang merah yaitu 25 dan 9.

Simpulan: Subsitusi kacang merah menurunkan kadar serat dan meningkatkan kadar pati resisten secara bermakna. IG dan BG snack bar dengan formulasi 70 % tepung umbi garut dan 30% kacang merah termasuk dalam kategori rendah.

Fulltext View|Download
Keywords: snack bar, tepung umbi garut, kacang merah, kadar serat, kadar pati resisten, indeks glikemik, beban glikemik

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.