skip to main content

KEJADIAN SINDROM METABOLIK PADA REMAJA PUTRI STUNTED OBESITY DI PEDESAAN JEPARA

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Stunted menjadi salah satu permasalahan gizi yang terjadi di Indonesia. Remaja perempuan stunted lebih berisiko mengalami obesitas dibandingkan remaja laki-laki. Kondisi obesitas dapat menyebabkan perubahan metabolik melalui mekanisme disfungsi endotel dan stres oksidatif yang ditetapkan berdasarkan lingkar pinggang, HDL, trigliserida, gula darah puasa dan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stunted obesity dengan kejadian sindrom metabolik pada remaja putri.

Metode: Desain penelitian adalah studi kasus kontrol dengan populasi 1002 remaja putri di SMP dan MTS Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Pemilihan subjek penelitian menggunakan multistage random sampling. Kelompok kasus adalah 21 remaja putri stunted obesity, sedangkan kelompok kontrol adalah 21 remaja putri stunted non-obesity. Status gizi dilakukan melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar pinggang. Termasuk sindrom metabolik jika memenuhi 3 kriteria yaitu obesitas, kadar glukosa darah ≥100 mg/dL, profil lipid (kadar trigliserida ≥150 mg/dL dan kadar HDL ≤40 mg/dL). Analisis univariat menggunakan uji deskriptif, sedangkan analisis bivariat untuk menentukan hubungan menggunakan uji chi-square.

Hasil: Kejadian stunted pada remaja putri mencapai 23,35%. Obesitas abdominal pada remaja putri stunted mencapai 11,11%, sedangkan non stunted 8,85%. Pada kelompok kasus terdapat 5 subjek (23,8%) yang mengalami sindrom metabolik. Terdapat hubungan antara stunted obesity dengan kejadian sindrom metabolik dengan nilai (ρ=0,057).

Simpulan: Obesitas abdominal pada remaja putri stunted lebih besar dibandingkan dengan non-stunted. Nilai ρ=0,057 menyatakan terdapat hubungan antara stunted obesity dengan kejadian sindrom metabolik.

Fulltext View|Download
Keywords: stunted obesity, sindrom metabolik, remaja putri, pedesaan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.