skip to main content

HUBUNGAN ASUPAN FOSFOR DENGAN KALSIUM URIN PADA WANITA DEWASA AWAL

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract

Background: Kalsium urin dapat digunakan sebagai diagnosis awal berkurangnya kepadatan tulang. Asupan fosfor yang berlebihan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan meningkatnya jumlah kalsium dalam urin. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan asupan fosfor dengan kalsium urin pada wanita dewasa awal.

Method: Jenis penelitian adalah penelitian cross-sectional. Subjek penelitin adalah 46 mahasiswi berusia 18-24 tahun di Jurusan Peternakan Universitas Diponegoro. Asupan fosfor didapatkan melalui wawancara dengan metode food recall 24 jam yang dilakukan selama 4 hari berturut-turut. Kalsium urin diambil pada hari kelima. Jumlah kalsium urin dianalisa dengan menggunakan metode o-cresophatelin complexone. Uji statistik yang digunakan adalah uji Rank Spearman, dan Pearson.

Result: Hasil penelitian menunjukan sebanyak 8,7% subjek memiliki asupan fosfor tinggi. Tidak ada subjek yang memiliki jumlah kalsium urin yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan asupan fosfor tidak berhubungan dengan jumlah kalsium urin (r = 0,107, p = 0,477).

Conclusion: Tidak ada hubungan antara asupan fosfor dengan jumlah kalsium urin pada wanita dewasa awal (p>0,05)
Fulltext View|Download
Keywords: fosfor; kalsium urin; wanita dewasa awal; kepadatan tulang
Funding: expocpnsbumn.blogspot.co.id

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.