skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN SARI BATANG NANAS (ANANAS COMOSUS) TERHADAP TOTAL LEUKOSIT TIKUS WISTAR YANG DIBERI PAPARAN ASAP ROKOK

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Jun 2015.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Asap rokok merupakan faktor yang berpengaruh dalam keadaan patologis. Paparan asap rokok dapat meningkatkan total leukosit dimana akan menaikkan risiko penyakit kardiovaskular. Diketahui terdapat zat anti inflamasi untuk mengendalikan total leukosit yaitu enzim bromelain yang banyak terkandung dalam batang nanas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sari batang nanas terhadap total leukosit tikus wistar yang diberi paparan asap rokok.

Metode: Enam belas tikus dibagi menjadi 3 kelompok. Seluruh kelompok diberikan paparan asap rokok 2 batang/hari selama 30 hari. Tiga kelompok adalah kelompok kontrol, kelompok perlakuan 1 yang diberi 20 mg/kgBB bromelain dan kelompok perlakuan 2 diberi 40 mg/kgBB bromelain. Hari ke 31 diambil sampel darah melalui plexus retro orbitalis setelah berpuasa selama 12 jam. Total leukosit dihitung dengan menggunakan alat blood analyzer Mikros 6.0. Uji normalitas menggunakan Shapiro-wilk  dan uji one way ANOVA

Hasil: Uji ANOVA menunjukkan terdapat pengaruh pemberian sari batang nanas (p=0.43). Rerata jumlah leukosit kelompok kontrol 14080±3748.6, kelompok perlakuan 1 total leukosit 9666.67±3295.24 dan total leukosit kelompok perlakuan 2 adalah 9380±1020.784. Secara statistik terdapat perbedaan rerata antara kelompok kontrol dan perlakuan 1 (p=0.029), terdapat perbedaan rerata kelompok kontrol dan perlakuan 2 (p=0.026), dan tidak terdapat perbedaan rerata kelompok perlakuan 1 dan perlakuan 2 (p=0.876)

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian sari batang nanas terhadap total leukosit tikus wistar yang diberi paparan asap rokok (p<0.05)

Fulltext View|Download
Keywords: sari batang nanas; enzim bromelain; total leukosit; paparan asap rokok
Funding: expocpnsbumn.blogspot.co.id

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.