skip to main content

HUBUNGAN KONSUMSI SOFTDRINK, LINGKAR PINGGANG DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KADAR GLUKOSA DARA H PUASA PADA WANITA DEWASA

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Apr 2015.

Citation Format:
Abstract

WHO memprediksi bahwa Indonesia pada tahun 2030 akan mengalami peningkatan jumlah penderita diabetes sebesar 21,3 juta orang. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah dalam tubuh adalah konsumsi asupan makanan berenergi tinggi seperti softdrink, lingkar pinggang yang besar dan kurangnya aktivitas fisik.

Tujuan:untuk mengetahui hubungan antara konsumsi softdrink, lingkar pinggang dan aktivitas fisik dengan kadar glukosa darah puasa(GDP) pada wanita dewasa.

Metode:studi crossectional yang melibatkan 38 wanita dewasa yang dipilih secara consecutive sampling. Data lingkar pinggang didapat melalui pengukuran dengan pita meteran. Data konsumsi softdrink dan aktivitas fisik didapatkan dari pengukuran dengan kuisioner. Data kadar GDP diukur dengan metode glukose oksidase. Analisa bivariat dengan uji rankspearman.

Hasil: 86,8% subjek memiliki GDP normal, 68,4% subjek termasuk obesitas abdominal dan 52,6%subjek mengkonsumsi >1 botol softdrink/minggu. Aktivitas fisik subjek (50%) tergolong tingkat sedang. Tidak terdapat hubungan antara konsumsi softdrink(r=0,119,p=0,477), lingkar pinggang(r=0,117,p=0,485) dan aktivitas fisik(r=0,68,p=0,687) dengan kadar GDP pada wanita dewasa, tetapi terdapat hubungan antara konsumsi softdrink dengan lingkar pinggang(r=0,407,p=0,11).

Simpulan:konsumsi softdrink, lingkar pinggang, dan aktivitas fisik tidak berhubungan dengan kadar GDP pada wanita dewasa.

Fulltext View|Download
Keywords: aktivitas fisik;konsumsi softdrink; glukosa darah; lingkar pinggang; wanita dewasa
Funding: http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.