Analisis Pengembangan Tim Pendataan Kunjungan Rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Manyaran Kota Semarang

*Etik Nindiya Setiya Ningrum  -  Diponegoro University, Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Nurhasmadiar Nandini  -  , Indonesia
Received: 20 Sep 2019; Published: 7 Oct 2019.
View
Untitled
Subject
Type Other
  Download (B)    Indexing metadata
Untitled
Subject Team development, data collection, PIS-PK
Type Research Results
  Download (49KB)    Indexing metadata
Open Access
Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Puskesmas Manyaran merupakan puskesmas dengan cakupan pendataan terendah di Kota Semarang dengan capaiannya sebesar 75%. Keberhasilan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga sangat dipengaruhi kegiatan pengembangan tim dalam melaksanakan pendataan kunjungan rumah PIS-PK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan tim pelaksanaan pendataan kunjungan rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Manyaran Kota Semarang.

Metode: Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik metode indepth interview. Penelitian dilakukan pada Juni-Agustus 2019. Subjek penelitian merupakan kepala Puskesmas dan Koordinator PIS-PK Puskesmas Manyaran sebagai informan utama. Sedangkan informan triangulasi yaitu Petugas PIS-PK Puskesmas Manyaran. Faktor yang dianalisis meliputi keterampilan manajemen umum dan pelaksanaan pelatihan.

Hasil: Hasil penelitian yaitu Puskesmas Manyaran sudah merencanakan pelaksanaan kegiatan pendataan, pelatihan pengisian form profil kesehatan tidak diberikan kepada seluruh petugas melainkan hanya kepada pegawai PNS, petugas telah mendapatkan pelatihan menghitung indeks keluarga sehat serta petugas lapangan sudah mampu menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Simpulan dan Saran: Keterampilan manajemen umum petugas pendataan kunjungan rumah sudah memiliki keterampilan sesuai tugasnya masing-masing. Pelaksanaan pelatihan untuk menunjang pendataan kunjungan rumah belum optimal, pelatihan yang tersedia hanya berasal dari dinas dan diperuntukkan bagi petugas yang termasuk dalam golongan PNS saja. Penelitian ini menyarankan kepada Puskesmas Manyaran untuk melaksanakan pelatihan rutin bagi seluruh petugas agar mendukung baik kemampuan maupun keterampilan manajemen umum petugas dalam pelaksanaan pendataan kunjungan rumah sehingga dapat berjalan lebih baik dan mampu mencapai target secara optimal.

 

Kata Kunci: Pengembangan tim, pendataan, PIS-PK

Note: This article has supplementary file(s).

Keywords: Team development, data collection, PIS-PK

Article Metrics: