skip to main content

Analisis Pengembangan Tim Pendataan Kunjungan Rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Manyaran Kota Semarang

*Etik Nindiya Setiya Ningrum  -  Diponegoro University, Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Nurhasmadiar Nandini  -  , Indonesia
Received: 20 Sep 2019; Published: 7 Oct 2019.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Puskesmas Manyaran merupakan puskesmas dengan cakupan pendataan terendah di Kota Semarang dengan capaiannya sebesar 75%. Keberhasilan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga sangat dipengaruhi kegiatan pengembangan tim dalam melaksanakan pendataan kunjungan rumah PIS-PK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan tim pelaksanaan pendataan kunjungan rumah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di Puskesmas Manyaran Kota Semarang.

Metode: Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik metode indepth interview. Penelitian dilakukan pada Juni-Agustus 2019. Subjek penelitian merupakan kepala Puskesmas dan Koordinator PIS-PK Puskesmas Manyaran sebagai informan utama. Sedangkan informan triangulasi yaitu Petugas PIS-PK Puskesmas Manyaran. Faktor yang dianalisis meliputi keterampilan manajemen umum dan pelaksanaan pelatihan.

Hasil: Hasil penelitian yaitu Puskesmas Manyaran sudah merencanakan pelaksanaan kegiatan pendataan, pelatihan pengisian form profil kesehatan tidak diberikan kepada seluruh petugas melainkan hanya kepada pegawai PNS, petugas telah mendapatkan pelatihan menghitung indeks keluarga sehat serta petugas lapangan sudah mampu menggunakan alat pengukur tekanan darah.

Simpulan dan Saran: Keterampilan manajemen umum petugas pendataan kunjungan rumah sudah memiliki keterampilan sesuai tugasnya masing-masing. Pelaksanaan pelatihan untuk menunjang pendataan kunjungan rumah belum optimal, pelatihan yang tersedia hanya berasal dari dinas dan diperuntukkan bagi petugas yang termasuk dalam golongan PNS saja. Penelitian ini menyarankan kepada Puskesmas Manyaran untuk melaksanakan pelatihan rutin bagi seluruh petugas agar mendukung baik kemampuan maupun keterampilan manajemen umum petugas dalam pelaksanaan pendataan kunjungan rumah sehingga dapat berjalan lebih baik dan mampu mencapai target secara optimal.

 

Kata Kunci: Pengembangan tim, pendataan, PIS-PK

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (B)    Indexing metadata
 Research Results
Untitled
Subject Team development, data collection, PIS-PK
Type Research Results
  Download (49KB)    Indexing metadata
Keywords: Team development, data collection, PIS-PK

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Language : ID
Recent articles
ANALISIS PENYELENGGARAAN PENGAWASAN PROGRAM PENDAMPINGAN IBU HAMIL DAN IBU NIFAS RISIKO TINGGI OLEH TIM PENGGERAK PKK KECAMATAN PEDURUNGAN (DALAM PERSPEKTIF PERENCANAAN DAN MEKANISME) Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga pada Indikator TB Paru di Puskesmas Tayu II Kabupaten Pati Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Sistem Informasi oleh Penyuluh KB terhadap Kelengkapan Laporan Kampung KB di Kota Semarang The Association Some Factors With Anxiety Postpartum in Semarang City GAMBARAN PENGETAHUAN, STIGMA, DAN DISKRIMINASI MASYARAKAT KEPADA PENDERITA FILARIASIS LIMFATIK DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2018 HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN LAUT DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT PESISIR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANGKANG KOTA SEMARANG PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK IBU DALAM PEMBERIAN MAKAN BALITA GIZI KURANG (Studi Pada Ibu Balita Usia 12-36 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang) HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN, PERSENTASE LEMAK TUBUH, AKTIVITAS FISIK DAN STATUS MEROKOK DENGAN DAYA TAHAN AEROBIK ATLET SOFTBALL (Studi di UKM Softball Universitas Diponegoro) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat di PT. Apac Inti Corpora Semarang (Studi Pada Bagian Spinning IV OE) HUBUNGAN POSTUR KERJA DENGAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST (QEC) PADA KELUHAN NYERI LEHER Analisis Sebaran Kasus TB Paru BTA Positif di Kota Semarang Tahun 2018 berdasarkan Suhu Udara EVALUASI KINERJA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DENGAN SISTEM LUMPUR AKTIF (ACTIVATED SLUDGE) DI RUMAH PEMOTONGAN UNGGAS PENGGARON SEMARANG Hubungan Pengetahuan, Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku dengan Niat Ibu Rumah Tangga Berisiko HIV dalam Mengakses Layanan VCT PENGARUH PICTORIAL HEALTH WARNING PADA KEMASAN BUNGKUS ROKOK TERHADAP PRAKTIK MEROKOK REMAJA USIA 12-14 TAHUN DI KOTA SEMARANG More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.