BibTex Citation Data :
@article{JKM21397, author = {Lu lu atul Khodijah and S.A Nugraheni and Apoina Kartini}, title = {PENGARUH PENDIDIKAN GIZI METODE PEER EDUCATOR TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA PUTRI PADA PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI DI KOTA SEMARANG (Studi di 2 SMK Negeri Kota Semarang)}, journal = {Jurnal Kesehatan Masyarakat}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {Pendidikan Gizi, Peer Educator, Perubahan Perilaku, Anemia Defisiensi Besi, Remaja Putri}, abstract = { Masalah gizi remaja putri yang masih banyak terjadi di Indonesia yaitu anemia defisiensi besi. Penderita anemia defisiensi besi terbanyak adalah remaja putri berusia 16-18 tahun yang mayoritas merupakan siswa di sekolah. Pencegahan terfokus pada ibu hamil. Sedangkan remaja putri yang nantinya mengalami kehamilan belum diberikan intervensi yang tepat. Pendidikan gizi diperlukan untuk mencegah permasalahant. Metode Peer Educator dipilih karena peran teman dekat bagi remaja sangat besar dalam perubahan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi metode Peer Educator pada perubahan perilaku pencegahan anemia remaja putri. Jenis penelitian adalah Quasy Experimental dengan desain Pre-Post Control Group. Sampel yang digunakan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 40 siswi. Pengambilan dengan teknik purposive sampling. Pada kelompok intervensi diberikan pendidikan gizi metode Peer Education selama satu minggu. Analisis data menggunakan Mann Whitney, Wilcoxon Signed Rank Test, Paired T-Test, dan Chi Square. Uji beda kondisi awal dua kelompok tidak ada perbedaan pengetahuan (p=0,128), sikap (p=0,914) serta praktik (p=0,863). Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan sebesar 1.98±1.915, sikap 2.35±1.777 serta praktik 4.88±11.472 pada kelompok intervensi. Saran penelitian setiap sekolah memiliki kegiatan Peer Educator yang membahas mengenai kesehatan pada remaja. }, issn = {2356-3346}, pages = {206--213} doi = {10.14710/jkm.v6i4.21397}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/21397} }
Refworks Citation Data :
Masalah gizi remaja putri yang masih banyak terjadi di Indonesia yaitu anemia defisiensi besi. Penderita anemia defisiensi besi terbanyak adalah remaja putri berusia 16-18 tahun yang mayoritas merupakan siswa di sekolah. Pencegahan terfokus pada ibu hamil. Sedangkan remaja putri yang nantinya mengalami kehamilan belum diberikan intervensi yang tepat. Pendidikan gizi diperlukan untuk mencegah permasalahant. Metode Peer Educator dipilih karena peran teman dekat bagi remaja sangat besar dalam perubahan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi metode Peer Educator pada perubahan perilaku pencegahan anemia remaja putri. Jenis penelitian adalah Quasy Experimental dengan desain Pre-Post Control Group. Sampel yang digunakan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 40 siswi. Pengambilan dengan teknik purposive sampling. Pada kelompok intervensi diberikan pendidikan gizi metode Peer Education selama satu minggu. Analisis data menggunakan Mann Whitney, Wilcoxon Signed Rank Test, Paired T-Test, dan Chi Square. Uji beda kondisi awal dua kelompok tidak ada perbedaan pengetahuan (p=0,128), sikap (p=0,914) serta praktik (p=0,863). Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan sebesar 1.98±1.915, sikap 2.35±1.777 serta praktik 4.88±11.472 pada kelompok intervensi. Saran penelitian setiap sekolah memiliki kegiatan Peer Educator yang membahas mengenai kesehatan pada remaja.
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM, p-ISSN: 2715-5617, e-ISSN:2356-3346) and Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses the rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JKM journal and Faculty of Public Health, Diponegoro University, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the JKM journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JKM journal]The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document to jkm@live.undip.ac.id.
Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-ISSN: 2356-3346, p-ISSN: 2715-5617) is published by Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia, under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats