skip to main content

PENGARUH PENDIDIKAN GIZI METODE PEER EDUCATOR TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA PUTRI PADA PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI DI KOTA SEMARANG (Studi di 2 SMK Negeri Kota Semarang)

*Lu lu atul Khodijah  -  , Indonesia
S.A Nugraheni  -  , Indonesia
Apoina Kartini  -  , Indonesia
Published: 1 Jul 2018.

Citation Format:
Abstract

Masalah gizi remaja putri yang masih banyak terjadi di Indonesia yaitu anemia defisiensi besi. Penderita anemia defisiensi besi terbanyak adalah remaja putri berusia 16-18 tahun yang mayoritas merupakan siswa di sekolah. Pencegahan terfokus pada ibu hamil. Sedangkan remaja putri yang nantinya mengalami kehamilan belum diberikan intervensi yang tepat. Pendidikan gizi diperlukan untuk mencegah permasalahant. Metode Peer Educator dipilih karena peran teman dekat bagi remaja sangat besar dalam perubahan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi metode Peer Educator pada perubahan perilaku pencegahan anemia remaja putri. Jenis penelitian adalah Quasy Experimental dengan desain Pre-Post Control Group. Sampel yang digunakan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 40 siswi. Pengambilan dengan teknik purposive sampling. Pada kelompok intervensi diberikan pendidikan gizi metode Peer Education selama satu minggu. Analisis data menggunakan Mann Whitney, Wilcoxon Signed Rank Test, Paired T-Test, dan Chi Square. Uji beda kondisi awal dua kelompok tidak ada perbedaan pengetahuan (p=0,128), sikap (p=0,914) serta praktik (p=0,863). Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pengetahuan sebesar 1.98±1.915, sikap 2.35±1.777 serta praktik 4.88±11.472 pada kelompok intervensi. Saran penelitian setiap sekolah memiliki kegiatan Peer Educator yang membahas mengenai kesehatan pada remaja.

Fulltext View|Download
Keywords: Pendidikan Gizi, Peer Educator, Perubahan Perilaku, Anemia Defisiensi Besi, Remaja Putri

Article Metrics:

Article Info
Section: Gizi Kesehatan Masyarakat
Recent articles
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT DESA WINONG KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI DALAM PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESIAPAN KLINIK PRATAMA DALAM MENGHADAPI AKREDITASI DI KOTA SEMARANG HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN USIA DOKTER TERHADAP KELENGKAPAN PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS PADA PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI AKSEPTOR KB DAN ADA TIDAKNYA TOKOH PANUTAN DENGAN PENGGUNAAN IUD PENGETAHUAN, SIKAP, PRAKTIK PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II TENTANG INDEKS GLIKEMIK MAKANAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TLOGOSARI WETAN HUBUNGAN SANITASI TPM TERHADAP KEPADATAN KECOA DI PELABUHAN PEMENANG KKP KELAS II MATARAM HUBUNGAN KONSUMSI GARAM BERYODIUM DAN ZAT GOITROGENIK DENGAN KEJADIAN GANGGUAN AKIBAT KEKURANGAN YODIUM (GAKY) PADA ANAK SEKOLAH DASAR TAHUN 2017 (Studi pada Anak Sekolah Dasar Negeri Terangmas di Wilayah Pertanian Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus) PENGARUH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) TERHADAP PERUBAHAN SKOR Z BERAT BADAN MENURUT UMUR BALITA GIZI KURANG (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Makki Distrik Makki Kabupaten Lanny Jaya - Papua Tahun 2017) HUBUNGAN SUPERVISI, REKAN KERJA, GAJI, KEAMANAN KERJA, KONDISI KERJA, PROMOSI JABATAN DAN JENIS PEKERJAAN DENGAN KEPUASAN KERJA (Studi Kasus Pada Karyawan Koperasi Simpan Pinjam X di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah) TELAAH KOMITMEN PIMPINAN TERHADAP KESIAPAN IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN K3 DI PT BANDENG JUWANA, SEMARANG HUBUNGAN RIWAYAT PAJANAN PESTISIDA SAAT HAMIL DENGAN KEJADIAN BBLR DI KEC. BLADO KAB. BATANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (LB3) DITINJAU DARI INDEKS PROPER DI RSUD TUGUREJO SEMARANG PERSEPSI KERENTANAN DAN HAMBATAN IBU TERHADAP PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI (4-6 TAHUN) ADAPTASI PSIKOLOGI SOSIAL ISTRI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI KABUPATEN PATI (STUDI KUALITATIF PADA ISTRI KORBAN KDRT DI KABUPATEN PATI) More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.