skip to main content

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT DESA WINONG KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI DALAM PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK

*Ahmad Saroni  -  , Indonesia
Ayun Sriatmi  -  , Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Received: 26 Jul 2018; Published: 26 Jul 2018.

Citation Format:
Abstract

Kawasan Tanpa Rokok (KTR) merupakan ruang atau area yang dilarang untuk melakukan kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan maupun mempromosikan produk dari tembakau. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan masyarakat Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati dalam pelaksanaan Peraturan Daerah No. 10 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian survey bersifat eksplanatori (explanatory research) yang bersifat deskriptif anallitik. Berdasarkan pendekatan waktu penelitiannya, rancangan penelitian ini merupakan rancangan cros sectional yang subyeknya hanya diobservasi sekali (point time approach). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner terstruktur terhadap masyarakat Desa Winong Kec. Pati Kab. Pati yang berjumlah 106 orang.

Data penelitian diolah secara kuantitatif dengan metode univariat dan bivariat menggunakan uji chi square menunjukan persentase mengenai pengetahuan tinggi (52,8%), sikap yang baik (56,6%), motivasi yang rendah (52,8%), memiliki persepsi yang baik mengenai sarana prasarana (55,7%), memiliki persepsi yang baik mengenai pengawasan (51,9%) dan memiliki persepsi yang kurang mengenai dukungan aparat desa (53,8%). Dari hasil analisis bivariat menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap, pengawasan, dan sarana prasarana terhadap kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (p<0,05). Sedangkan pengetahuan, motivasi dan dukungan arapat desa tidak ada hubungan dengan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (p>0,05).

       Saran yang dapat direkomendasikan dalam pelaksanaan Perda tentang KTR perlu adanya pengawasan, evaluasi dan sanksi yang tegas serta tidak tebang pilih terhadap pelaksanaan Perda tersebut.

Fulltext View|Download
Keywords: Kepatuhan, Peraturan Daerah Tentang Kawasan Tanpa Rokok

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Recent articles
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TUGUREJO SEMARANG FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN MASYARAKAT DESA WINONG KECAMATAN PATI KABUPATEN PATI DALAM PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 10 TAHUN 2014 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN USIA DOKTER TERHADAP KELENGKAPAN PENGISIAN BERKAS REKAM MEDIS PADA PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT AISYIYAH BOJONEGORO HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR DENGAN KEJADIAN UNMET NEED KELUARGA BERENCANA DI KELURAHAN BULU LOR DESCRIPTION OF FACTORS RELATED TO SEVERITY OF DIABETIC MELLITUS PATIENT TYPE 2 (Study in RSUD Kota Semarang) HUBUNGAN SANITASI TPM TERHADAP KEPADATAN KECOA DI PELABUHAN PEMENANG KKP KELAS II MATARAM HUBUNGAN ASUPAN GIZI DENGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN KADAR HEMOGLOBIN NARAPIDANA UMUM WANITA SEMARANG PENGARUH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) TERHADAP PERUBAHAN SKOR Z BERAT BADAN MENURUT UMUR BALITA GIZI KURANG (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Makki Distrik Makki Kabupaten Lanny Jaya - Papua Tahun 2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEDISIPLINAN WAKTU PENDISTRIBUSIAN BBM PADA AWAK MOBIL TANGKI DI PT.X PENEREPAN METODE “LEARNING FROM INCIDENTS” PADA SEBUAH TERMINAL PETI KEMAS PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (LB3) DITINJAU DARI INDEKS PROPER DI RSUD TUGUREJO SEMARANG FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT PUSKESMAS CAWAS I KABUPATEN KLATEN HUBUNGAN KEPERCAYAAN INDIVIDU DAN EVALUASI TERHADAP KEPERCAYAAN DENGAN NIAT MENIKAH DENGAN LAKI-LAKI PEROKOK PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO GAMBARAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X DI KOTA SEMARANG More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.