skip to main content

ANALISIS PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS DI RSUD CHATIB QUZWAIN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

*Hartini Hartini  -  , Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Ayun Sriatmi  -  , Indonesia
Received: 24 Oct 2016; Published: 1 Nov 2016.

Citation Format:
Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)bidang kesehatan dengan konsep Universal Health Coverage yang mengharuskan pesertanya mengikuti sistem rujukan berjenjang yangmengarahkan proses  pelayanan rujukan lebih berkualitas, memuaskan secara efektif dan efisien. Belum optimalnya pelayanan sistem rujukan, berdampak pada penumpukan pasien di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dan menurunnya mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kulitatif, bertujuan untuk menganalisis pelayanan rujukan pasien BPJS ditinjau dari lima karakteristik rujukan di RSUD Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah lima orang dan informan triangulasi sebanyak tujuh orang. Hasil penelitian diketahui bahwa  pelayanan rujukan ditinjau darilima karakteristik rujukan,tiga di antaranya sudah dilaksanakan memenuhi karakteristik rujukan sesuai Pedomanan Sistem Rujukan Nasional, yaitu aspek kelengkapan formulir rujukan,kepatuhan petugas kesehatan terhadap SOP rujukan dan pelaksanaan rujuk balik. Sedangkan dua aspek yang belum dilaksanakan yaitu komunikasi antar fasilitas kesehatan perujuk dan penerima rujukan, pencatatan dan pelaporan sistem rujukan. Dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait dalam upaya mengoptimalkan pelayanan rujukan.Sangat diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu masukan bagi pihak rumah sakit dan instansi terkait dalam memperbaiki berbagai aspek yang terkait dengan pelayanan rujukan agar dapat berjalan secara optimal.

Fulltext View|Download
Keywords: JKN, Sistem rujukan, Pelayanan rujukan, BPJS.

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Recent articles
ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PENILAIAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG TAHUN 2016 ANALISIS KESIAPAN RUMAH SAKIT DALAM PENGELOLAAN INVENTARISASI BARANG DENGAN SISTEM BARCODE DI RSUD dr. LOEKMONO HADI KUDUS BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN DAN PEMANFAATAN DATA PADA BUKU KIA OLEH BIDAN DESA DI KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2016 PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA AWAL SEKOLAH DASAR DI DAERAH WISATA BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016 GAMBARAN KEJADIAN GINGIVITIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DI KOTA SEMARANG) GAMBARAN MINYAK GORENG YANG DIPAKAI PENJUAL PENYETAN DI TEMBALANG SEMARANG TITIK KENDALI KRITIS (TKK) DAN DETEKSI KEHALALAN NUGGET IKAN “MJ”” KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016 HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU PRIMIPARA (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Jebed Kabupaten Pemalang) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA ANGGOTA POLISI SATUAN RESERSE KRIMINAL POLRES BLORA ANALISIS KESIAPSIAGAAN POLISI KEHUTANAN TERHADAP POTENSI DAN PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DI WILAYAH KPH SEMARANG PERUM PERHUTANI DIVISI REGIONAL JAWA TENGAH (Studi Kasus di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Penggaron) PENGARUH VARIASI LAMA WAKTU KONTAK DAN JUMLAH TANAMAN KAYU APU (Pistia stratiotes) TERHADAP PENURUNAN KADAR CADMIUM (Cd) LIMBAH CAIR BATIK HOME INDUSTRY “X” DI MAGELANG IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN PADA PEKERJA INDUSTRI BATIK RUMAHAN DI KOTA SEMARANG More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.