skip to main content

ANALISIS PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS DI RSUD CHATIB QUZWAIN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

*Hartini Hartini  -  , Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Ayun Sriatmi  -  , Indonesia
Received: 24 Oct 2016; Published: 1 Nov 2016.

Citation Format:
Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)bidang kesehatan dengan konsep Universal Health Coverage yang mengharuskan pesertanya mengikuti sistem rujukan berjenjang yangmengarahkan proses  pelayanan rujukan lebih berkualitas, memuaskan secara efektif dan efisien. Belum optimalnya pelayanan sistem rujukan, berdampak pada penumpukan pasien di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dan menurunnya mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kulitatif, bertujuan untuk menganalisis pelayanan rujukan pasien BPJS ditinjau dari lima karakteristik rujukan di RSUD Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah lima orang dan informan triangulasi sebanyak tujuh orang. Hasil penelitian diketahui bahwa  pelayanan rujukan ditinjau darilima karakteristik rujukan,tiga di antaranya sudah dilaksanakan memenuhi karakteristik rujukan sesuai Pedomanan Sistem Rujukan Nasional, yaitu aspek kelengkapan formulir rujukan,kepatuhan petugas kesehatan terhadap SOP rujukan dan pelaksanaan rujuk balik. Sedangkan dua aspek yang belum dilaksanakan yaitu komunikasi antar fasilitas kesehatan perujuk dan penerima rujukan, pencatatan dan pelaporan sistem rujukan. Dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait dalam upaya mengoptimalkan pelayanan rujukan.Sangat diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu masukan bagi pihak rumah sakit dan instansi terkait dalam memperbaiki berbagai aspek yang terkait dengan pelayanan rujukan agar dapat berjalan secara optimal.

Fulltext View|Download
Keywords: JKN, Sistem rujukan, Pelayanan rujukan, BPJS.

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Recent articles
ANALISIS KESIAPAN AKREDITASI DASAR PUSKESMAS MANGKANG DI KOTA SEMARANG ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI PASIEN PESERTA BPJS TERHADAP PENILAIAN MUTU PELAYANAN DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG TAHUN 2016 HUBUNGAN FAKTOR RISIKO KEJADIAN UNMET NEED KB (KELUARGA BERENCANA) DI DESA ADIWERNA, KECAMATAN ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL, TRIWULAN III TAHUN 2016 HUBUNGAN PERAN PATUGAS DAN PENGALAMAN KB DENGAN PERGANTIAN METODE KB DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TRIWULAN II TAHUN 2016 GAMBARAN KEJADIAN GINGIVITIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DI KOTA SEMARANG) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM METODE INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT DI PUSKESMAS CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN KARAKTERISTIK KELUARGA DENGAN RISIKO KEKURANGAN ENERGI KRONIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DAWE, KUDUS TITIK KENDALI KRITIS (TKK) DAN DETEKSI KEHALALAN NUGGET IKAN “MJ”” KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016 ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELATIHAN KESIAPAN PETUGAS TANGGAP DARURAT DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI PADA GEDUNG INSTALASI RAWAT INAP I (IRNA I) DI RSUP Dr. SARDJITO YOGYAKARTA HUBUNGAN PAPARAN DEBU KAYU DENGAN KEJADIAN DERMATITIS KONTAK IRITAN PADA PEKERJA MEBEL PT X JEPARA STUDI KANDUNGAN DAN BEBAN PENCEMARAN LOGAM TIMBAL (Pb) PADA AIR BALAS KAPAL BARANG DAN PENUMPANG DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG EFEKTIVITAS VARIASI DOSIS KAPORIT DALAM MENURUNKAN KADAR AMONIAK LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.