skip to main content

ANALISIS PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS DI RSUD CHATIB QUZWAIN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

*Hartini Hartini  -  , Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Ayun Sriatmi  -  , Indonesia
Received: 24 Oct 2016; Published: 1 Nov 2016.

Citation Format:
Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)bidang kesehatan dengan konsep Universal Health Coverage yang mengharuskan pesertanya mengikuti sistem rujukan berjenjang yangmengarahkan proses  pelayanan rujukan lebih berkualitas, memuaskan secara efektif dan efisien. Belum optimalnya pelayanan sistem rujukan, berdampak pada penumpukan pasien di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dan menurunnya mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kulitatif, bertujuan untuk menganalisis pelayanan rujukan pasien BPJS ditinjau dari lima karakteristik rujukan di RSUD Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah lima orang dan informan triangulasi sebanyak tujuh orang. Hasil penelitian diketahui bahwa  pelayanan rujukan ditinjau darilima karakteristik rujukan,tiga di antaranya sudah dilaksanakan memenuhi karakteristik rujukan sesuai Pedomanan Sistem Rujukan Nasional, yaitu aspek kelengkapan formulir rujukan,kepatuhan petugas kesehatan terhadap SOP rujukan dan pelaksanaan rujuk balik. Sedangkan dua aspek yang belum dilaksanakan yaitu komunikasi antar fasilitas kesehatan perujuk dan penerima rujukan, pencatatan dan pelaporan sistem rujukan. Dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik antara semua pihak terkait dalam upaya mengoptimalkan pelayanan rujukan.Sangat diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu masukan bagi pihak rumah sakit dan instansi terkait dalam memperbaiki berbagai aspek yang terkait dengan pelayanan rujukan agar dapat berjalan secara optimal.

Fulltext View|Download
Keywords: JKN, Sistem rujukan, Pelayanan rujukan, BPJS.

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Recent articles
ANALISIS PELAKSANAAN IDENTIFIKASI PASIEN DALAM RANGKA KESELAMATAN PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BEKASI ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) BPJS KESEHATAN PADA DOKTER KELUARGA DI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2016 HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PAPARAN MEDIA INFORMASI DENGAN PRAKTIK PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA SANTRIWATI PONDOK PESANTREN AL ISHLAH TEMBALANG SEMARANG TAHUN 2016 PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK KESEHATAN REPRODUKSI SISWA DI DUA SMK YANG TERPAPAR PEER EDUCATION DI KOTA SEMARANG TRIWULAN II TAHUN 2016 FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM METODE INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT DI PUSKESMAS CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG GAMBARAN STATUS KECACATAN KUSTA PADA PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN BLORA HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN KARAKTERISTIK KELUARGA DENGAN RISIKO KEKURANGAN ENERGI KRONIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DAWE, KUDUS HUBUNGAN STATUS GIZI, ASUPAN ZAT GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN SIKLUS MENSTRUASI REMAJA PUTRI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH KAUMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016 ANALISIS IMPLEMENTASI HEARING CONSERVATION PROGRAM DI PT KALTIM PRIMA COAL HUBUNGAN PAPARAN KEBISINGAN TERHADAP STRES KERJA PADA PORTER GROUND HANDLING DI KOKAPURA AHMAD YANI SEMARANG ANALISIS RISIKO KESEHATAN PAJANAN BENZENE PADA PEKERJA DI BAGIAN LABORATORIUM INDUSTRI PENGOLAHAN MINYAK BUMI ANALISIS RISIKO KESEHATAN LINGKUNGAN PAPARAN SULFUR DIOKSIDA (SO2) UDARA AMBIEN PADA PEDAGANG KAKI LIMA DI TERMINAL BUS PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.