skip to main content

ANALISIS ADMINISTRASI KLAIM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL RAWAT JALAN RSUD KOTA SEMARANG TAHUN 2016

*Firsa Olivia Susan  -  , Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Putri Asmita Wigati  -  , Indonesia
Received: 21 Oct 2016; Published: 1 Nov 2016.

Citation Format:
Abstract

Sekitar 70% dari total kunjungan pasien di RSUD Kota Semarang merupakan pasien JKN yang wajib melengkapi persyaratan JKN sebelum memperoleh pelayanan. Verifikasi dokumen klaim JKN adalah hal penting karena FKTL (Fasilitas Kesehatan rujukan Tingkat Lanjutan) wajib memenuhi kelengkapan administrasi klaim kepada BPJS Kesehatan untuk mendapatkan penggantian atas biaya pelayanan sesuai tarif INA-CBG’s (Indonesia Case Base Groups). Namun, pengajuan klaim di RSUD Kota Semarang selalu melebihi batas waktu yang ditentukan oleh BPJS Kesehatan yakni maksimal tanggal 10 bulan berikutnya serta banyak dokumen klaim yang tidak lolos proses verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan alur pelaksanaan administrasi klaim JKN rawat jalan di RSUD Kota Semarang menurut aspek input, proses dan output. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode wawancara mendalam dan observasi yang bersifat partisipasi aktif. Hasil penelitian menunjukkan banyak pasien yang kurang memahami persyaratan untuk memperoleh pelayanan dengan JKN, kurangnya jumlah petugas, tidak adanya diklat untuk petugas, keterbatasan sarana untuk menunjang kelengkapan dokumen klaim, software bermasalah saat jam pelayanan, tidak adanya SOP khusus pelayanan pasien JKN, tidak semua petugas mengecek ulang dokumen klaim, tidak adanya indikator keberhasilan, monitoring dan evaluasi untuk menilai kinerja petugas. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala dalam proses administrasi klaim JKN rawat jalan di RSUD Kota Semarang sehingga penting untuk dilakukan perbaikan pada tiap tahapan administrasi klaim JKN rawat jalan demi terjaminnya kelengkapan dokumen klaim sehingga RSUD Kota Semarang dapat mengajukan klaim tepat waktu.

Fulltext View|Download
Keywords: Jaminan Kesehatan Nasional, Administrasi, Klaim, Rumah Sakit, Rawat Jalan

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Recent articles
ANALISIS PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA KESEHATAN TIM NUSANTARA SEHAT DALAM PROGRAM NUSANTARA SEHAT KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA ANALISIS PELAYANAN RUJUKAN PASIEN BPJS DI RSUD CHATIB QUZWAIN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI HUBUNGAN FAKTOR RISIKO KEJADIAN UNMET NEED KB (KELUARGA BERENCANA) DI DESA ADIWERNA, KECAMATAN ADIWERNA, KABUPATEN TEGAL, TRIWULAN III TAHUN 2016 HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK OLEH BIDAN DESA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEPARA TAHUN 2016 GAMBARAN STATUS KECACATAN KUSTA PADA PENDERITA KUSTA DI KABUPATEN BLORA GAMBARAN TOTAL ANGKA BAKTERI PADA SUSU SAPI SEGAR DI KUD KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG HUBUNGAN ASUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI NARAPIDANA UMUM WANITA HUBUNGAN ASUPAN ZAT BESI, ASAM FOLAT, VITAMIN B12 DAN VITAMIN C DENGAN KADAR HEMOGLOBIN SISWA DI SMP NEGERI 2 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN ANALISIS PENYEBAB DAN PENGENDALIAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI JALAN RAYA PADA DELIVERYMAN TAHUN 2014-2015 (STUDI KASUS PADA DELIVERYMAN PT. COCA COLA AMATIL INDONESIA CENTRAL JAVA) ANALISIS KESIAPSIAGAAN SAFETY DRIVING PADA PENGEMUDI MOBIL PRIBADI DI RUTE TOL CIPALI (CIKOPO – PALIMANAN) PENGARUH VARIASI LAMA WAKTU KONTAK DAN JUMLAH TANAMAN KAYU APU (Pistia stratiotes) TERHADAP PENURUNAN KADAR CADMIUM (Cd) LIMBAH CAIR BATIK HOME INDUSTRY “X” DI MAGELANG KEMAMPUAN SERBUK BIJI ASAM JAWA DALAM MENURUNKAN TSS, TURBIDITAS, DAN AMONIAK PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PT. UTAMA MULTINIAGA INDONESIA More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.