skip to main content

ANALISIS ADMINISTRASI KLAIM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL RAWAT JALAN RSUD KOTA SEMARANG TAHUN 2016

*Firsa Olivia Susan  -  , Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  , Indonesia
Putri Asmita Wigati  -  , Indonesia
Received: 21 Oct 2016; Published: 1 Nov 2016.

Citation Format:
Abstract

Sekitar 70% dari total kunjungan pasien di RSUD Kota Semarang merupakan pasien JKN yang wajib melengkapi persyaratan JKN sebelum memperoleh pelayanan. Verifikasi dokumen klaim JKN adalah hal penting karena FKTL (Fasilitas Kesehatan rujukan Tingkat Lanjutan) wajib memenuhi kelengkapan administrasi klaim kepada BPJS Kesehatan untuk mendapatkan penggantian atas biaya pelayanan sesuai tarif INA-CBG’s (Indonesia Case Base Groups). Namun, pengajuan klaim di RSUD Kota Semarang selalu melebihi batas waktu yang ditentukan oleh BPJS Kesehatan yakni maksimal tanggal 10 bulan berikutnya serta banyak dokumen klaim yang tidak lolos proses verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tahapan alur pelaksanaan administrasi klaim JKN rawat jalan di RSUD Kota Semarang menurut aspek input, proses dan output. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode wawancara mendalam dan observasi yang bersifat partisipasi aktif. Hasil penelitian menunjukkan banyak pasien yang kurang memahami persyaratan untuk memperoleh pelayanan dengan JKN, kurangnya jumlah petugas, tidak adanya diklat untuk petugas, keterbatasan sarana untuk menunjang kelengkapan dokumen klaim, software bermasalah saat jam pelayanan, tidak adanya SOP khusus pelayanan pasien JKN, tidak semua petugas mengecek ulang dokumen klaim, tidak adanya indikator keberhasilan, monitoring dan evaluasi untuk menilai kinerja petugas. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat beberapa kendala dalam proses administrasi klaim JKN rawat jalan di RSUD Kota Semarang sehingga penting untuk dilakukan perbaikan pada tiap tahapan administrasi klaim JKN rawat jalan demi terjaminnya kelengkapan dokumen klaim sehingga RSUD Kota Semarang dapat mengajukan klaim tepat waktu.

Fulltext View|Download
Keywords: Jaminan Kesehatan Nasional, Administrasi, Klaim, Rumah Sakit, Rawat Jalan

Article Metrics:

Article Info
Section: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Recent articles
ANALISIS IMPLEMENTASI PROSEDUR PELAYANAN KOORDINASI MANFAAT DI RS ROEMANI MUHAMMADIYAH ANALISIS ADMINISTRASI KLAIM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL RAWAT JALAN RSUD KOTA SEMARANG TAHUN 2016 HUBUNGAN BEBERAPA FAKTOR DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN BUKU KESEHATAN IBU DAN ANAK OLEH BIDAN DESA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEPARA TAHUN 2016 GAMBARAN BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMATIAN NEONATAL (STUDI KASUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TASIKMADU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PADA SISWA DAN PETUGAS KEBERSIHAN TERHADAP KEPADATAN JENTIK DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KECAMATAN TEMBALANG GAMBARAN MINYAK GORENG YANG DIPAKAI PENJUAL PENYETAN DI TEMBALANG SEMARANG HUBUNGAN TINGKAT KECUKUPAN ENERGI, TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN KARAKTERISTIK KELUARGA DENGAN RISIKO KEKURANGAN ENERGI KRONIS PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DAWE, KUDUS HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PRAKTIK PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU PRIMIPARA (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Jebed Kabupaten Pemalang) HUBUGAN PAPARAN DEBU KAPAS DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN GEJALA PENYAKIT BISINOSIS PADA PEKERJA SPINNING 1 PT. X KABUPATEN SEMARANG ANALISIS SISTEM TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI CONTAINER YARD 02 TERMINAL PETIKEMAS PT. PELABUHAN INDONESIA III (PERSERO) SEMARANG TAHUN 2016 FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN STUDI KANDUNGAN DAN BEBAN PENCEMARAN LOGAM TIMBAL (Pb) PADA AIR BALAS KAPAL BARANG DAN PENUMPANG DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.