Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP9723, author = {Dian Safitriyaningsih}, title = {KEPUASAN PEMUSTAKA PADA LAYANAN OPAC (ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE) DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {Kepuasan Pemustaka, OPAC, Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang}, abstract = { Skripsi ini berjudul“Kepuasan Pemustaka pada Layanan OPAC (Online Public Access Catalogue) di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka pada layanan OPAC di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling, dengan menetapkan sampling error 10% dan confidence level 95% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif frekuensi. Hasil penelitian berdasarkan dari 5 dimensi layanan OPAC disimpulkan bahwa urutan skor dari yang paling tinggi adalah: kejelasan istilah (skor 4,73 / puas), performa umum OPAC (skor 4,65 / puas), desain layar (skor 4,54 / puas), navigasi (skor 4,53 / puas), dan pembelajaran (skor 4,36 / netral). Sehingga, didapat nilai rata-rata kepuasan secara keseluruhan adalah 4,46, yang menujukkan bahwa pemustaka “Puas” (rentang skor 4,44-5,29) dengan layanan OPAC Perpustakaan FK Unissula. kemudian hasil pengujian hipotesis menggunakan tes mann-whitney dan kruskal-wallis menunjukkan tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pengguna pada layanan OPAC dilihat dari perbedaan jenis kelamin, angkatan, pengalaman menggunakan komputer, frekuensi penggunaan internet dan frekuensi penggunaan OPAC. }, issn = {97980000000}, pages = {41--50} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9723} }
Refworks Citation Data :
Skripsi ini berjudul“Kepuasan Pemustaka pada Layanan OPAC (Online Public Access Catalogue) di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pemustaka pada layanan OPAC di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling, dengan menetapkan sampling error 10% dan confidence level 95% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif frekuensi. Hasil penelitian berdasarkan dari 5 dimensi layanan OPAC disimpulkan bahwa urutan skor dari yang paling tinggi adalah: kejelasan istilah (skor 4,73 / puas), performa umum OPAC (skor 4,65 / puas), desain layar (skor 4,54 / puas), navigasi (skor 4,53 / puas), dan pembelajaran (skor 4,36 / netral). Sehingga, didapat nilai rata-rata kepuasan secara keseluruhan adalah 4,46, yang menujukkan bahwa pemustaka “Puas” (rentang skor 4,44-5,29) dengan layanan OPAC Perpustakaan FK Unissula. kemudian hasil pengujian hipotesis menggunakan tes mann-whitney dan kruskal-wallis menunjukkan tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pengguna pada layanan OPAC dilihat dari perbedaan jenis kelamin, angkatan, pengalaman menggunakan komputer, frekuensi penggunaan internet dan frekuensi penggunaan OPAC.
Last update: