Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PELAKSANAAN AKUISISI ARSIP KANTOR WILAYAH DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM PROVINSI JAWA TENGAH PADA MASA ORDE BARU SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN ARSIP BERNILAI GUNA SEKUNDER DI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

*Hendra Wirawan Primadani  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tri Maryanto AA  -  , Indonesia
Agustinus Supriyono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Judul skripsi ini adalah Analisis Pelaksanaan Akuisisi Arsip Sebagai Upaya Penyelamatan Arsip Bernilaiguna Sekunder Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan akuisisi arsip pada masa orde baru dari Kantor Wilayah Departemen Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan oleh Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah sebagai bentuk implementasi kebijakan akuisisi yang dibuat oleh pemerintah sebagai upaya penyelamatan arsip bernilaiguna sekunder setelah instansi tersebut terlikuidasi pasca jatuhnya orde baru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan narasumber yang terlibat dalam proses pelaksanaan, pengumpulan dokumen pendukung, dan observasi dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap arsip-arsip yang tersimpan di Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Pengolahan data menggunakan analisis domain yang dituangkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan akuisisi yang dilakukan oleh Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah terhadap arsip-arsip dari Kantor Wilayah Departemen Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan pada tahun 1999-2001, sedangkan pengolahan sampai penyimpanan dilakukan pada tahun 2001-2007. Kegiatan akuisisi dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari kebijakan akuisisi yang dibuat oleh pemerintah guna menyelamatkan arsip
2
dan penyediaan informasi yang mempunyai nilaiguna sekunder dari Kantor Wilayah Departemen Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Tengah pada masa orde baru setelah instansi tersebut terlikuidasi pasca jatuhnya masa orde baru. Jenis fisik arsip yang diakuisisi adalah jenis fisik arsip tekstual, kartografi, dan foto. Teknis pelaksanaan akuisisi dilakukan dalam tiga tahapan yaitu : proses pendataan, proses pengolahan, dan proses penyerahan. Dalam proses penyimpanan dilakukan menurut jenis fisik arsipnya seperti : arsip tekstual disimpan di boks dan dimasukan ke roll o’pact, arsip kartografi disimpan di peralon dan vertical filing plane, sedangkan arsip foto belum diolah.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan akuisisi arsip tersebut merupakan bentuk implementasi keluarnya kebijakan akuisisi. Jenis arsip yang diakuisisi adalah arsip tekstual, kartografi dan foto. Tehnik pelaksanaannya dibagi menjadi tiga tahapan yaitu : proses pendataan, proses pengolahan, dan proses penyerahan. Dalam proses penyimpanan dilakukan menurut jenis fisik arsipnya seperti : arsip tekstual disimpan di boks dan dimasukan ke roll o’pact, arsip kartografi disimpan di peralon dan vertical filing plane, sedangkan arsip foto belum diolah.
Fulltext View|Download
Keywords: Akuisisi arsip; Orde Baru; Arsip Bernilaiguna Sekunder
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.