Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KOLEKSI DIGITAL TALKING BOOK DI PERPUSTAKAAN DIGITAL PERTUNI DPD JATENG

*Putri Aziza Desy Asriana  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sri Ati  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Skripsi ini berjudul “Persepsi Pemustaka terhadap Koleksi Digital Talking Book di Perpustakaan Digital Pertuni DPD Jateng”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap koleksi Digital Talking Book di Perpustakaan Digital Pertuni DPD Jateng sekaligus untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan pemustaka tidak memanfaatkan koleksi Digital Talking Book secara maksimal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Subyek penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Digital Pertuni DPD Jateng.Sedangkan obyek penelitian adalah koleksi Digital Talking Book di Perpustakaan Digital Pertuni. Dengan pemilihan secara purposive sampling, diperoleh 5 orang informan pemustaka tunanetra dan 1 informan pendukung yaitu pustakawan Perpustakaan Digital Pertuni, metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi literatur.
Hasil dari penelitian ini yaitu persepsi pemustaka terhadap koleksi Digital Talking Book cenderung negatif sehingga mempengaruhi sikap pemustaka terhadap pemanfaatan koleksi tersebut.Menurut persepsi pemustaka, penelusuran informasi menggunakan Digital Talking Book tidak membuat mereka nyaman karena beberapa kendala dalam teknis penggunaan. Mereka lebih senang menggunakan alat bantu berupa software JAWS Screen Reader, karena itu mereka lebih memilih menelusur informasi melalui internet. Kurang lengkapnya jumlah koleksi dari segi subyek ditambah belum adanya katalog juga membuat pemustaka kesulitan memperoleh koleksi yang mereka butuhkan.
Saran penulis untuk Perpustakaan Digital Pertuni DPD Jateng adalah sebaiknya pihak Perpustakaan memperbanyak judul untuk setiap jenis subyek koleksi supaya kebutuhan pemustaka dapat terpenuhi secara maksimal.Juga diadakannya katalog untuk mempermudah pemustaka mengetahui koleksi Digital Talking Book yang tersedia di perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: persepsi pemustaka; perpustakaan digital; Digital Talking Book
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.