Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Proses Penyebaran Informasi SMP N 28 Semarang Melalui Podcast Dupan

*Khoirun Nisa  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ika Krismayani  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis penyebaran informasi yang dilakukan oleh Podcast Dupan bagi siswa SMP N 28 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi non-partisipatif dan wawancara semi terstruktur. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah thematic analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebaran informasi yang dilakukan oleh SMP N 28 Semarang melalui Podcast Dupan adalah informasi sekolah, edukasi dan hiburan yang bersumber dari narasumber yang dihadirkan dari sekolah dan instansi luar sekolah dengan menjadikan warga sekolah sebagai sasaran utama pendengar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebaran informasi SMP N 28 Semarang melalui Podcast Dupan dilakukan dengan proses yang memenuhi komponen-komponen penyebaran informasi. Adapun efek dari penyebaran informasi bagi yang didapatkan pendengar adalah bertambahnya informasi, ilmu pengetahuan, inspirasi dan hiburan.

Fulltext View|Download
Keywords: penyebaran informasi, Podcast Dupan, podcast, SMP N 28 Semarang
  1. Chatterjee, S., & Samanta, M. (2021). Conceptualizing Information Dissemination Conceptualizing Information Dissemination
  2. Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio: Vol. I. http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme
  3. Fatkhah, U., Winoto, Y., & Siti Khadijah, U. L. (2020). Diseminasi informasi zero waste oleh Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 49. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.26615
  4. Forouzan, B. A. (2013). Data Communications and Networking (5th ed.). McGraw-Hill
  5. Geoghegan, M. W., & Klass, D. (2007). Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. In Podcast Solutions
  6. Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Perguruan Tiggi (Vol. 2). https://scholarhub.ui.ac.id/jsht
  7. Kim, K. S., Sin, S. C. J., & Yoo-Lee, E. Y. (2021). Use and evaluation of information from social media: A longitudinal cohort study. Library and Information Science Research, 43(3). https://doi.org/10.1016/j.lisr.2021.101104
  8. Maulida, J., & Nurislaminingsih, R. (2016). Strategi Komunikasi sebagai Sarana Promosi dalam Penyebarluasan Informasi tentang Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga
  9. Maulida, M., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Efektivitas Media Audio Podcast sebagai Gaya Belajar Audiotorik di SD Islam Kreatif
  10. Merolli, M., Gray, K., & Martin-Sanchez, F. (2013). Methodological Review Health outcomes and related effects of using social media in chronic disease management: A literature review and analysis of affordances. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2013.04.010
  11. Sahidi, S. (2020). Peran Kepustakaan dan Perpustakaan dalam Membangun Peradaban Islam (Sebuah Tinjauan Historis Peradaban Perpustakaan Islam). IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 14(2), 146. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i2.8205
  12. Satori, D., & Komariah, A. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (8th ed.). Alfabeta
  13. Vickery, B. C., & Vickery, A. (2004). Information Science in Theory and Practice (3rd ed.). Strauss Offsetdruck
  14. Yubiantara, M. I., & Retnasary, M. (2020). Podcast: Media Baru Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Era Disruptif. 2(1)
  15. Yusup, P. M. (2016). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Ilmu Informasi, Komunikasi, Dan Kepustakaan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.