Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Perilaku Pencarian Informasi Pelajar Kelurahan Lamper Tengah Dalam Memanfaatkan Bahan Bacaan di Perpustakaan INPIRLI Semarang

*Ibad Fauzi Nurhuda  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Athanasia Octaviani Puspita Dewi  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas perilaku pencarian informasi pelajar Kelurahan Lamper Tengah dalam memanfaatkan bahan bacaan di Perpustakaan INPIRLI Semarang. Tujuan penelitian untuk mengetahui perilaku pencarian informasi pelajar Kelurahan Lamper Tengah dalam memanfaatkan bahan bacaan di Perpustakaan INPIRLI Semarang. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi diterapkan pada penelitian ini. Data penelitian didapatkan melalui observasi dan wawancara semi terstruktur. Pemilihan informan dengan cara non-probability sampling menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pelajar Gang XII Kelurahan Lamper Tengah banyak pelajar yang setelah pulang sekolah sering berkunjung ke Perpustakaan INPIRLI guna memanfaatkan bahan bacaan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pelajar Kelurahan Lamper Tengah menunjukkan berbagai macam perilaku dalam mencari informasi di Perpustakaan INPIRLI, mulai dari kebutuhan untuk menyelesaikan tugas sekolah hingga keinginan untuk menemukan bahan bacaan guna menambah wawasan dan pengetahuan tentang suatu bidang. Masing-masing pelajar di Kelurahan Lamper Tengah memiliki keunikan dan strategi pencarian informasi tersendiri dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Meskipun strategi pencarian informasi pelajar Lamper Tengah telah dilakukan, terdapat kendala yang dapat menghambat proses pencarian informasi pelajar dalam memenuhi kebutuhan informasinya.
Fulltext View|Download
Keywords: perilaku pencarian informasi; bahan bacaan; kalangan pelajar kelurahan Lamper Tengah; Perpustakaan INPIRLI
  1. Ellis, D., Cox, D. and Hall, K. (1993). A Comparison of The Information Seeking Patterns of Researchers in the Physical and Social Science, Journal of Documentation, Vol. 49 No. 4, pp. 356-369. https://doi-org.proxy.undip.ac.id/10.1108/eb026919
  2. Evawani, L. (2022). Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di Madrasah. Jurnal Literasiologi, 8(1), 136-143
  3. Hasbiansyah, O. J. M. J. K. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163-180
  4. Juniadi, M., & Heriyanto, H. (2021). Strategi Perpustakaan Umum dalam Mendukung Program Sustainable Development Goals. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 5(4), 569-578
  5. KBBI, 2023, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
  6. Kuhlthau, C.C. (1991). Inside the search process: information seeking from the user’s perspective. Journal of the American Society for Information Science, 42, 361–371
  7. Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39
  8. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd
  9. Muthi’ah, S. (2020). Kebutuhan dan Perilaku Pencarian Informasi Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Depok (Bachelor's thesis, Fakultas Adab dan Humaniora)
  10. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
  11. Wilson, T. D. (1999). Models in information behaviour research. Journal of documentation, 55(3), 249-270

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.