Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Strategi Konten Promosi Perpustakaan SMP Negeri 43 Semarang Pada Media Sosial Instagram

*Sania Alfianita  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mecca Arfa  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Promosi perpustakaan dilakukan untuk meningkatkan eksistensi perpustakaan di mata pemustaka sehingga pemustaka akan terdorong untuk memanfaatkan perpustakaan. Banyaknya fitur yang tersedia pada instagram serta populernya instagram di kalangan masyarakat membuat instagram menjadi media yang tepat apabila digunakan sebagai media promosi. Skripsi berjudul “Strategi Konten Promosi Perpustakaan SMP Negeri 43 Semarang pada Media Sosial Instagram” membahas mengenai promosi perpustakaan melalui instagram yang dilakukan oleh Pustakawan SMP Negeri 43 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi konten promosi perpustakaan yang dilakukan oleh pustakawan melalui instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang memiliki empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdiri dari seorang pustakawan dan 4 pemustaka terpilih. Dari rangkaian penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil bahwa strategi promosi yang dilakukan Pustakawan SMP Negeri 43 Semarang pada instagram adalah: (1) penetapan tujuan dan hasil yang ingin dicapai, (2) penentuan dan penemuan ide, (3) pemetaan target pasar, (4) perencanaan dan perancangan konten, (5) pembuatan konten, (6) distribusi konten, (7) evaluasi.
Fulltext View|Download
Keywords: promosi perpustakaan; strategi promosi; media instagram; konten
  1. Ariffudin, I. M. 2022, “Perancangan Konten Media Sosial Media Tiktok Sebagai Media Promosi Dedado Batik di Surabaya”, Jurnal Barik, vol. 61, no.2, pp. 112– 124
  2. Auspicy, A., & Salsabila, S. 2023, “Strategi Pengembangan Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Di Perpustakaan Cahaya Aksara SMA N 5 Pekanbaru”, Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, vol.2, no.1, pp. 50-62
  3. Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., Laily, R. N., & Della, R. H. 2022, Strategi Pembelajaran, CV Literasi Nusantara Abadi
  4. Darmawan, A., & Djauhari, M. 2022, “Strategi Komunikasi Instagram Hybool Dalam Pemasaran Wedding Fotografi”, DIGICOM: Jurnal Komunikasi dan Media, vol.2, no.1, pp. 8–14
  5. Fatimah, F. 2018. “Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan”, Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, vol.2, no.1, pp. 30–35
  6. Hadini, N. 2017, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata di TK Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur”, Jurnal Empowerment, vol.6, no.1, pp. 19–24
  7. Hasan, N. A. 2018, “Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan”, Libria, vol.10, no.1, pp. 95–115
  8. Hasby, M. A., Armayuda, E., & Haq, B. N. 2020, “Strategi Konten Instagram untuk Edukasi Pola Minum Kopi yang Sehat pada Usia Muda”, Jurnal IKRA-ITH Humaniora, vol.4, no.3, pp. 194–203
  9. Hidayah, R., & Susilo, E. A. 2017, “Pelaksanaan Fungsi Perpustakaan SD Negeri Rahayu”, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, pp. 249–255
  10. Kurniawan, F., Srigati, B., & Rahmayanti, D. R. 2022, “Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Pada Akun Instagram @Enowcustom”, MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol.2, no.1, pp. 27-37
  11. Miyata, N. S. 2019, “Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra”, Agora, vol.7, no.2, pp.287046
  12. Moz. 2021, Content Strategy. Retrieved November 24, 2023, from https://moz.com/beginners-guide-to-content-marketing/content-strategy
  13. Mustofa. 2018, Promosi Perpustakaan Melalui Instagram, Universitas Surabaya
  14. Mustofa, M. 2017, “Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial : Best Practice”, Publication Library and Information Science, vol.1, no.2, pp. 21-29
  15. Nandaryani, N. W., Santosa, N. A., & Putra, P. D. A. 2021, Analisis Desain Konten Instagram Sebagai Strategi Promosi @SayurboxbalI. Retrieved February 4, 2023, from 2021 website: https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/584/380
  16. Nasrullah, Tawakkal, & Jannah, M. 2022, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Bulukumba”, Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER), vol.4, no.1
  17. Newman, W. H., & Logan, J. P. 1981, Strategy, Policy, and Central Management (8th ed.), South-Western Publishing Co, America
  18. Niska, B. 2013, “Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol.1, no.2, pp. 1–12
  19. Nurimani, G. S., & Rachmawati, I. 2022. “Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian”, Jurnal Riset Management Komunikasi, pp. 59-62
  20. Nurjannah, D. A., Suratnoaji, C., Abidin, Z., & Zuhri, S. 2022, “Strategi Personal Branding Bupati Kabupaten Pacitan @Inb_Indratanurbayuaji Di Instagram”, Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol.9, no.4, pp. 1483–1490
  21. Patria, G., & Meldisia, F. 2021, “Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram ( Studi Pada Pawonputri _ tgr )”, Seminar Nasional & Call for Paper Hubisintek 2021, pp. 642–648
  22. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2014. PP No. 24 Tahun 2014 tentang Perpustakaan
  23. Pemerintah Negara Republik Indonesia. 2014. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, pp. 60
  24. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Tahun 2015
  25. Prihartanta, W. 2015, “Tujuan Promosi Perpustakaan”, Jurnal Adabiya, vol.3, no.83, pp.1-9
  26. Purwono. 2014. Materi Pokok Profesi Pustakawan; 1-9; PUST4207/ 3 SKS. 456
  27. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. 2019, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House )”, Jurnal Common, vol.3, no.1, pp.71-80
  28. Ramaputra, M. A., & Afifi, S. 2021, “Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram”, Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, vol.5, no.2, pp.16–35
  29. Saleh, S. 2017, Analisis Data Kualitatif, Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung
  30. Suharso, P., & Pramesti, A. N. 2019, “Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Library Promotion Through the Instagram: Library Airlangga University”, Publication Library and Information Science, vol.3, no.2, pp.66–74
  31. Zamzami, W. S. 2021, “Strategi Komunikasi Organisasi”, Journal Educational Research and Social Studies, vol.2, no.1, pp.25–37

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.