Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Layanan Perpustakaan Digital iSragen Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen

*Derbi Yayan Saputra  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ika Krismayani  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai layanan digital iSragen dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustaka di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan strategi layanan perpustakaan digital iSragen dalam pemenuhan kebutuhan informasi di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data meliputi wawancara semi terstruktur, dokumentasi, observasi. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa layanan digital iSragen mengalami kendala terkait dengan pengadaan koleksi dikarenakan hak cipta. Layanan iSragen untuk sementara waktu masih belum dilakukan pengembangan sebab Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen masih dalam tahap pemulihan layanan yang terhenti pada saat pandemi Covid-19. Pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka ditinjau dari pemahaman pemustaka dan kebutuhan informasi yang dibutuhkan pemustaka
Fulltext View|Download
Keywords: Perpustakaan Digital; iSragen; Kebutuhan Informasi
  1. Banun, S. (2021). Pengelolaan Aplikasi IPustaka Aceh dan Kaitannya dengan pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY)
  2. Miles, Matthew B. and A. Micahel Huberman, penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press). Halaman: 473-482)
  3. Pendit, (2007). Perpustakaan Digital Perspektif perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia
  4. Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise
  5. Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
  6. Sulistyo-Basuki. 2014. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
  7. Sutayogi,Dading Jayaning (2018). Perilaku Berbagi Informasi Pada Komunitas Petani Nyleneh (KPN). Repository Unair
  8. Tjiptono, F, (1997). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset
  9. Musfah, J, (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana
  10. Purtini. Winy, (2005). Perpustakaan digital, http://www.indonesiadln.org/wiki/index.php/ Main Page
  11. Yusuf, Pawit M., dan Subekti, Priyo. 2010. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi: Information Retrieval. Jakarta, Kencana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.