Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Peran Rumah Baca Bandar Utama dalam Pemberdayaan Anak

*mhdsyahidin al hakim  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Athanasia Octaviani Puspita Dewi  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Artikel ini membahas tentang Peran Rumah Baca Bandar Utama dalam Pemberdayaan Anak. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui Peran Rumah Baca Bandar Utama Sebagai Pemberdayaan Anak. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu pendekatan kualitatif-deskriptif yang betujuan untuk menggambarkan fenomena pemberdayaan anak dalam membentuk suatu perannya pada Rumah Baca Bandar Utama. Teknik pengambilan data berdasarkan observasi dan wawancara terhadap informan pengelola dan pengunjung Rumah Baca Bandar Utama. Hasilnya ditemukan Peran Rumah Baca Bandar Utama terdiri dari: peningkatan pengetahuan melalui kegiatan literasi mengajar, pelayanan bahan pustaka, dan pelatihan komputer. Peningkatan kesenian didapatkan melalui kegiatan pelatihan tari-tarian daerah sumatera utara, dan peningkatan kreativitas melalui kegiatan pembuatan kerajinan bunga kertas. Dari keseluruhan peran tersebut merupakan jenis peran Rumah Baca Bandar Utama yang memberdayakan anak terdiri dari (pendidikan, kursus, dan rekreasi)
Fulltext View|Download
Keywords: Pemberdayaan Anak; Peran; Rumah Baca
  1. Agustiani, D. H., & Wicaksono, M. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Matahari Indonesia Kediri. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan Dan Kearsipan, 23(1), 5
  2. Akbar, I., Kadir, E., & Yusril (2022) Pagelaran Tor – Tor Sombah Pada Upacara Adat Kematian Saur Martua Dalam Tinjauan Semiotika Peirce. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 05(02), 99-103
  3. Akhter, Y., & Prasenjit, D. (2020) Role Of Public Library In Women Empowerment Throught Specified Public Service Of Bhangore-I Community Development Block In South 24 Parganas District Of West Bengal. .Digital Commons: Library Philosophy and Practice. 19(27) 295-300
  4. Allice, Zellawati (2020) Terapi Bermain Untuk Mengatasi Masalah Pada Anak (Jurnal Kajian Psikologi INAKI) (Skripsi, UPT PERPUSTAKAAN)
  5. Bachtiyar, & Fahriyah. (2021) Empowerment Of Village Library In Intereasting Community Reading Intrest As The Implication Of The Miniset Of Home Affairs And Regional Actionary Number 3 Of 2001. International Journal Of Multiscience. 1(11), 203-215
  6. Bahaudin, M. S., & Wasisto, J. (2018). Peran Perpustakaan Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kualitatif Perpustakaan “Pelita” Desa Muntang). Jurnal Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro, 7(2), 205-210
  7. Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Egentim M.A. (2014). Essential Fondations In Adult Educations. Lagos: Gosen Print Media
  9. Fitriah M Suud (2017). Pengembangan Keterampilan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam. Vol.6, No.2, Desember 2017. Hal 227-246
  10. Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanikaa
  11. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2022). Profil Anak Indonesia. Diakses pada 18 Oktober 2023 melalui http://kemenppa.go.id/lib/upload/ kemenpppa-profil anak indonesia-1-pdf
  12. Mannan, E. F., & Anugrah, E. (2020). Village Library Capacity Building For Community Empowerment: A Case Study In East Java Indonesia. Digital Commons: Library Philosophy and Practice, 20(1)-60-69
  13. Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
  14. Maulana, F. (2022). Urgensi Penanaman Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(1), 45–50. Doi: https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.690
  15. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana. J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan TjetjepRohindi, UI-Press
  16. Nasrullah, I, & Tawakkal (2021) Peran Rumah Baca “Kolong” dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Dusun Maccini Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Maktabatun: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan dan Invormasi. 4(2), 47–48
  17. Nur’aini., Lbs, M., & Azzahra, D. (2023). Program Kegiatan Taman Baca Masyarakat (TBM) Ridha di Kelurahan Teladan Kota Kisaran Kabupaten Asahan Untuk Menarik Perhatian Masyarakat. JIIPK: Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kerasipan, 11(02), 143 – 152
  18. Rahmawati, (2020). Komunitas Rumah Baca Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Semarang. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2)
  19. Sutarno, NS. (2008). Membina Perpustakaan Desa: Edisi Revisi. Jakarta: Sagung Seto
  20. Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 2(1), 109-117
  21. Uzoamaka, O., & Ayolugbe, I.C. (2019). Entherpreneurship Educations: Aviable Tool In Enchacing Post Basic In Awka Education Zone, Anambra State, Nigeria. Digital Commons: Library Philosophy And Practice 27(13) 70-9
  22. Wardhani, E. (2007). Perpustakaan Sebagai Tempat Life Long Learning (Pembelajaran Seumur Hidup). 9(3). Diakses Pada 09 November 2023 melalui http://www. PNRI.go.id/masalah online.add.a
  23. Yulianto,Y, & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM) Studi Kasus: TBM Matahari Indonesia Kediri, Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. 3(4), 377-386

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.