Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Peran Komunikasi Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Informasi melalui media sosial di Masa Pandemi Covid-19

*Hafifah Saragih  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Informasi dan komunikasi sekarang ini menjadi kebutuhan utama masyarakat di tengah pandemi covid-19. Dimana sosial media memiliki pengaruh yang luar biasa dalam menyampaikan informasi dan komunikasi pada pemustaka. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui sebagaimana peran perpustakaan di masa pandemi pada sekarang ini, serta peran aktif perpustakaan dalam penyebaran informasi dan komunikasi melalui media sosial yang tidak terlepas dari kualitas dan kecakapan pemustaka, karena tentu kualitas layanan di perpustakaan sangat dipengaruhi oleh kecapakan pustakawan dalam memberikan layanan. Karena Covid-19 memberikan dampak terhadap aktivitas normal di perpustakaan, begitu juga dengan layanan di perpustakaan dari sistem layanan yang awalnya  berfokus pada layanan manual beralih ke sistem layanan  yang berfokus pada digital. Dengan memanfaatkan metode penelitian studi literatur terhadap konsep keilmuan perpustakaan dalam berorientasi secara online di media sosial dan konsep digital library sebagai bentuk komunikasi dan informasi perpustakaan terhadap pemustaka.
Fulltext View|Download
Keywords: Layanan Perpustakaan; Perpustakaan; Peran Komunikasi; komunikasi efektif; Media Sosial; Covid-19
  1. Bamgbade, B. J., Akintola, B. A., Agbenu, D. O., & Ayeni, C. O. (2015). Comparative analysis and benefits of digital library over traditional library. 24, 1–7
  2. Covey, S. (2013). The 7 Habits of Highly Effective People . Free Press
  3. Daryon, M. (2018). Membangun Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Perpustakaan.25(2), 25–31. Retrieved from file:///C:/Users/Lenovo Yoga 330/Downloads/274-5751-SM.pdf
  4. Hamid, F.,& Budianto,H.(2011). Ilmu komunikasi: sekarang dan tantangan masa de.Jakarta: Prenada Media
  5. Lasswell, H. D. (2007). The structure and function of communication in society. (1948), 215–228.Retrieved from https://pracownik.kul.pl/files/37108/public/Lasswell.pdf
  6. Lubis, & Furbanii, W. (2018). Peran komunikasi pustakawan dalam meningkatkan. Jurnal Ulul Albab, 22(2), 112–119. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/JUA/article/view/639
  7. Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenada media group
  8. Mustafa, R., Golung, A. M., & Senduk, J. J. (2018). Pran pustakawan layanan referens perpustakaan iain ternate untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka. acta diurna komunikasi, 7(1)
  9. Saracevic, T. (2001). Digital Library Evaluation : Toward Evolution of Concepts. Proquect Social Science Premiu m Collection, 49(3), 350–369. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/32961891 Digital
  10. Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. 4(2), 271–286. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva%0ALayanan
  11. Suherman. ( 2009.). Perpustakaan sebagai jantung sekolah: referensi pengelolaan perpustakaan sekolah. Bandung: MQS Publishing
  12. Sunu, P. (2014). PERAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DAN TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA GLOBALISASI. Persadha, 12(1), 33–37. Retrieved from https://ejournal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/34/30

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.