Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Pustakawan dan Pemustaka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

*Eka Maulina  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan manfaat media sosial untuk media komunikasi bagi perpustakaan. Hal ini dilatarbelakangi oleh masifnya perkembangan jenis dan bentuk media sosial yang menarik banyak kalangan di masyarakat. Akibatnya, mereka tidak begitu tertarik terhadap perpustakaan sebagai pusat informasi. Tulisan berdasar observasi secara online ini menguraikan karakteristik media sosial yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai perpustakaan utama di Indonesia. Selain itu, tulisan ini juga memberikan dorongan bagi perpustakaan-perpustakaan lain agar ikut serta dalam penyebaran informasi melalui media sosial. Memanfaatkan hal yang diminati oleh masyarakat yaitu media sosial merupakan suatu upaya perpustakaan untuk mengembalikan rasa cinta masyarakat terhadap perpustakaan.
Fulltext View|Download
Keywords: media sosial; perpustakaan; komunikasi informasi.
  1. Barney, D. (2011). Communication technology. UBC Press
  2. Cohen, L. B. (2007). A manifesto for our times. American Libraries, 38(7), 47–49
  3. Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan datakualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46
  4. International Network for Social Network Analysis. (2020). What is Social NetworkAnalysis? Retrieved June 21, 2020, from https://www.insna.org/#%23
  5. Jaeger, P. T., Bertot, J. C., & Gorham, U. (2013). Wake up the nation: Public libraries, policy making, and political discourse. The Library Quarterly, 83(1), 61–72
  6. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68
  7. Komala, L. (2009). Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung: Widya Padjadjaran
  8. Lamba, M. (2019). Marketing of academic health libraries 2.0: a case study. Library Management, 40(3–4), 155–177. https://doi.org/10.1108/LM-03-2018-0013
  9. Ruben Brent, D., & Stewart, L. P. (2006). Communication and human behavior. Pearson
  10. Udomisor, I., Udomisor, E., Smith, E., Udomisor, I. W., State, B., Udomisor, E. I., … State,B. (2013). Management of Communication Crisis in a Library and Its Influence on Productivity. 3(8), 13–22

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.