Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP40235, author = {Nabilla Iftitah}, title = {Analisis Komunikasi Interpersonal: Pandangan Mahasiswa non Ilmu Perpustakaan terhadap Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Profesi Pustakawan}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {10}, number = {3}, year = {2021}, keywords = {Komunikasi Interpersonal; Mahasiswa non Ilmu Perpustakaan; Program Studi Ilmu Perpustakaan; Profesi Pustakawan}, abstract = { Penelitian ini membahas mengenai Analisis Komunikasi Interpersonal: Pandangan Mahasiswa non Ilmu Perpustakaan terhadap Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Profesi Pustakawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal mahasiswa dan pustakawan dalam mensosialisasikan kepada mahasiswa non ilmu perpustakaan terkait profesi pustakawan serta seluk beluk program studi ilmu perpustakaan sehingga mahasiswa tersebut tidak salah persepsi terhadap keduanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kuesioner online yang disebarkan melalui personal chat. Kuesioner tersebut berisikan 6 pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh mahasiswa non ilmu perpustakaan. Dari kuesioner tersebut didapatkan 23 responden dari berbagai program studi dan angkatan yang berbeda. Dari 25 responten, kebanyakan mereka sudah mengetahui profesi pustakawan dan prodi ilmu perpustakaan. Pandangan mereka terkait profesi pustakawan dan ilmu perpustakaan diartikan sebagai seseorang yang mempelajari tentang ilmu pustaka dan profesi pustakawan sebagai seorang penjaga dan merawat perpustakaan, serta kutu buku. Terdapat 19 responden yang menjelaskan bahwa keberadaan pustakawan sangat penting dalam membantu pengguna khususnya mahasiswa dalam memperoleh informasi. Untuk pertanyaan yang terakhir yaitu pernah tidaknya mahasiswa non ilpus mendapatkan atau mengetahui kegiatan yang tujuannya untuk pengembangan perpustakaan. Dari pertanyaan tersebut terdapat beragam jawaban diantaranya, ada yang sudah mendapatkan kegiatan berupa bazar buku, sosialisasi, meningkatkan pelayanan serta ada juga yang belum mendapatkan atau mengetahui kegiatan sebagai pengembangan perpustakaan. }, issn = {97980000000}, pages = {38--54} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/40235} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini membahas mengenai Analisis Komunikasi Interpersonal: Pandangan Mahasiswa non Ilmu Perpustakaan terhadap Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Profesi Pustakawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal mahasiswa dan pustakawan dalam mensosialisasikan kepada mahasiswa non ilmu perpustakaan terkait profesi pustakawan serta seluk beluk program studi ilmu perpustakaan sehingga mahasiswa tersebut tidak salah persepsi terhadap keduanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kuesioner online yang disebarkan melalui personal chat. Kuesioner tersebut berisikan 6 pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh mahasiswa non ilmu perpustakaan. Dari kuesioner tersebut didapatkan 23 responden dari berbagai program studi dan angkatan yang berbeda. Dari 25 responten, kebanyakan mereka sudah mengetahui profesi pustakawan dan prodi ilmu perpustakaan. Pandangan mereka terkait profesi pustakawan dan ilmu perpustakaan diartikan sebagai seseorang yang mempelajari tentang ilmu pustaka dan profesi pustakawan sebagai seorang penjaga dan merawat perpustakaan, serta kutu buku. Terdapat 19 responden yang menjelaskan bahwa keberadaan pustakawan sangat penting dalam membantu pengguna khususnya mahasiswa dalam memperoleh informasi. Untuk pertanyaan yang terakhir yaitu pernah tidaknya mahasiswa non ilpus mendapatkan atau mengetahui kegiatan yang tujuannya untuk pengembangan perpustakaan. Dari pertanyaan tersebut terdapat beragam jawaban diantaranya, ada yang sudah mendapatkan kegiatan berupa bazar buku, sosialisasi, meningkatkan pelayanan serta ada juga yang belum mendapatkan atau mengetahui kegiatan sebagai pengembangan perpustakaan.
Last update: