Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Pemanfaatan media sosial Facebook sebagai sarana promosi dan komunikasi di Perpustakaan UniversitasNegeri Malang (Um)

*Sufyan Mulana Hastoto  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  melakukan  indentifikasi  dan  memaparkan  pemanfaatan  Facebook  di Perpustakaan  Universitas  Negeri  Malang  (UM)  sebagai  sarana  untuk  melakukan  kegiatan  promosi  dan komunikasi.  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  metode  penelitian  deskriptif  kualitatif untuk  mendeskripsikan  pemanfaatan  Facebook  dalam  kegiatan  promosi  dan  komunikasi  di  perpustakaan  UM. Teknik  untuk  mengumpulkan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  melalui  observasi  untuk mengamati akun Facebook dari perpustakaan Universitas Negeri Malang. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menjelaskan bahwa media sosial Facebook  dimanfaatkan oleh perpustakaan UM untuk melakukan kegiatan promosi yang berupa pengenalan koleksi bahan pustaka, pemberian insentif/penghargaan, dokumentasi kegiatan perpustakaan,  dan  ajakan  untuk  mengunjungi  perpustakaan.  Selain  sebagai  sarana  untuk  kegiatan  promosi, Facebook juga digunakan sebagai media komunikasi antara pustakawan perpustakaan UM dengan pemustaka.
Fulltext View|Download
Keywords: Facebook; Library Promotion; Communication,; Academic Library
  1. Anna, N. E. V. (2015). Penggunaan Web 2.0 sebagai Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia. Record and Library Journal, 1(1), 77–82. https://doi.org/10.20473/rlj.v1i1.82
  2. Asri, T. M., & Megawati, F. (2018). Rancangan dan Penerapan Promosi Melalui Media Sosial (Instagram) di Ruang Baca Vokasi. Edulib, 8(2), 156–166
  3. Benawi, I. (2013). Peningkatan Kualitas Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqra’, 7(1), 42–57
  4. Evelina, N., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga,Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1(1), 203–213
  5. Forrestal, V. (2011). Making twitter work: A guide for the uninitiated, the skeptical, and the pragmatic. Reference Librarian, 52(1), 146–151. https://doi.org/10.1080/02763877.2011.527607
  6. Graham-Clay, S. (2005). Communicating with Parents: Strategies for Teachers. School Community Journal, 15(1), 117–130
  7. Gunawan, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial di Perpustakaan. Jurnal Pari, 3(1), 49–52
  8. Hadiani, U. A., & Ritonga, M. J. (2010). Penerapan Komunikasi Satu Arah Di Media Komunikasi Internal “Hallo Online” PT Telkom Divre II Jakarta. Jurnal Komunikologi, 7(1)
  9. Hamilton, A. B., & Finley, E. P. (2019). Qualitative methods in implementation research: An introduction. Psychiatry Research, 280. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.112516
  10. Iryanti, Y. S., & Rahman, M. A. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Twitter Di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Edulib, 9(2), 128–143
  11. Joo, S., Choi, N., & Baek, T. H. (2018). Library marketing via social media: The relationships between Facebook content and user engagement in public libraries. Online Information Review, 42(6), 940–955. https://doi.org/10.1108/OIR-10-2017-0288
  12. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of
  13. Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
  14. Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S. T., & Toth, E. L. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik (3rd ed.). Jakarta: Salemba Humanika
  15. Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook (3rd ed.). California: SAGE Publications, Inc
  16. Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif. Jakarta: GP Press Group
  17. Nadkarni, A., & Hofmann, S. G. (2012). Why do people use facebook? Personality and Individual Differences, 52(3), 243–249. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.11.007
  18. Pereira, H. G., de Fátima Salgueiro, M., & Mateus, I. (2014). Say yes to Facebook and get your customers involved! Relationships in a world of social networks. Business Horizons, 57(6), 695–702. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.07.001
  19. Perpustakaan UM. (2016a). Layanan Perpustakaan. Retrieved June 9, 2020, from http://lib.um.ac.id/index.php/2016/11/20/layanan/
  20. Perpustakaan UM. (2016b). Visi dan Misi. Retrieved June 9, 2020, from http://lib.um.ac.id/index.php/2016/11/20/visi-dan-misi/
  21. Pratama, A. (2019). Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,38 M, di RI Berapa? Retrieved June 9, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190719144302-40-86209/jumlah-penggunafacebook-tembus-238-m-di-ri-berapa
  22. Rachman, Y. B., & Putri, D. A. (2018). Social media application in Indonesian academic libraries.Webology, 15(1), 19–29. Retrieved from webology.org/2018/v15n1/a162.pdf
  23. Rajab, M. (2014). Dakwah dan Tantangannya dalam Media Teknologi Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 69–90
  24. Rizki, J. W. S. (2013). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Pustakawan. Al-Kuttab, 1(2), 105–117
  25. Suharso, P., Sudardi, B., Widodo, S. T., & Habsari, S. K. (2019). The Role of the Library as a Public Space in Facilitating the Social Activities of Coastal Communities. IOP Conference Series:Earth and Environmental Science, 246(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1755-1315/246/1/012075
  26. Wardah, M. W. (2016). Pemanfaatan Facebook dalam Promosi UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Media Pustakawan, 23(2), 39–46

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.