slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Efektivitas Infografis sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @literatif.id | Saputri | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Efektivitas Infografis sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @literatif.id

*Kinanthi Wahyu Saputri  -  Department of Library Science, Universitas Diponegoro, Indonesia
Jumino Jumino  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai efektivitas infografis sebagai media penyebaran informasi bidang perpustakaan pada akun Instagram @literatif.id. Tujuan penelitian ini adalahiuntuk mengukur seberapa besar tingkat efektivitas infografisnsebagai media penyebaran informasi bidangiperpustakaan pada akun Instagram @literatif.id. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel 229 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain infografis merupakan media yang efektif sebagai media penyebaran informasi bidang perpustakaan pada akun Instagram @literatif.id dengan persentase efektivitas sebesar 84,65%. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil uji koefisien korelasi Pearson Product-Moment antara variabel infografis (X) dengan variabel penyebaran informasi bidang perpustakaan (Y). Hasil pengujian menunjukkan tingkat hubungan kuat yang positif sebesar 0,646 dengan nilai signifikansi sebesar < 0,001 di mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa infografis efektif sebagai media penyebaran informasi bidang perpustakaan pada akun instagram @literatif.id.
Fulltext View|Download
Keywords: diseminasi informasi; infografis; media komunikasi; penyebaran informasi; perpustakaan; sosial media instagram
  1. Arceneaux, P. C., & Dinu, L. F. (2018). The social mediated age of information: Twitter and Instagram as tools for information dissemination in higher education. New Media and Society, 20(11), 4155–4176. https://doi.org/10.1177/1461444818768259
  2. Arifuddin, M. R., & Irwansyah. (2019). Dari foto dan video ke toko: Perkembangan instagram dalam perspektif konstruksi sosial. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(1), 37–55. Retrieved from https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1256/908
  3. Coyne, P., Sarah, F. O. E., Fiala;, J., Munroe-Chandler;, K. J., & Woodruff1; (2021). Effectiveness of Infographics at Disseminating Health Information During the COVID-19 Pandemic. Health & Fitness Journal of Canada, 4(1), 18–22
  4. Hanifah, W., & Putri. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639
  5. Hardjana, A. (2000). Audit Komunikasi: Teori dan Praktek. Jakarta: Grasindo
  6. Huang, L., Clarke, A., Heldsinger, N., & Tian, W. (2019). The communication role of social media in social marketing: a study of the community sustainability knowledge dissemination on LinkedIn and Twitter. Journal of Marketing Analytics, 7(2), 64–75. https://doi.org/10.1057/s41270-019-00053-8
  7. Joshi, M., & Gupta, L. (2021). Preparing Infographies for Post-publication Promotion of Research on Social Media. Journal of Korean Medical Science, 36(5), 1–8. https://doi.org/10.3346/jkms.2021.36.e41
  8. Kunze, K. N., Vadhera, A., Purbey, R., Singh, H., Kazarian, G. S., & Chahla, J. (2021). Infographics Are More Effective at Increasing Social Media Attention in Comparison With Original Research Articles: An Altmetrics-Based Analysis. Arthroscopy - Journal of Arthroscopic and Related Surgery, 37(8), 2591–2597. https://doi.org/10.1016/j.arthro.2021.03.056
  9. Kurniawan, A. T. (2011). Konsep Komunikasi Ilmiah dalam Pemanfaatan Informasi di Perpustakaan dan Dokumentasi. Jurnal Komunikasi Massa, 4(1), 1–4. Retrieved from http://www.jurnalkommas.com/docs/jurnal pak Amin _Undip_.pdf
  10. Mansour, E. (2021). Use of infographics as a technology-based information dissemination tool: the perspective of Egyptian public university libraries library staff. Library Hi Tech, (2018). https://doi.org/10.1108/LHT-03-2021-0084
  11. Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  12. Samanta, M., & Chatterjee, S. (2021). Conceptualizing Information Dissemination. Munich Personal RePEc Archive, (July)
  13. Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
  14. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV. Bandung: Alfabeta CV
  15. Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  16. Suwarno, W. (2013). Perpustakaan Bukan Hanya Kata. Retrieved from https://iainsalatiga.ac.id/web/2013/02/perpustakaan-bukan-hanya-kata/
  17. Syabrina, R. A. N. (2017). Efektifitas dan Efisiensi Komunikasi Pada Penyelenggaraan Festival Damar Kurung Gresik Tahun 2017. Thesis, 1–14
  18. Wahyuningsih, S. (2015). Desain Komunikasi Visual. Aspek Desain Komunikasi Visual, 172
  19. Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. In Pengantar Desain Grafis
  20. Yoon, J., & Syn, S. Y. (2022). The effects of visual formats on Facebook health-related posts: evidence from eye movement analysis. Library Hi Tech, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/LHT-10-2021-0360

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.