Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Bauran Informasi sebagai Strategi Pemasaran Informasi di Perpustakaan Universitas Indonesia

*Dewi Ayu Fatimah Shifa  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pada masa sekarang, perpustakaan menghadapi permasalahan yang cukup pelik. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi dan informasi yang cepat. Fenomena tersebut bukan hanya mempermudah manusia dalam mendapakan informasi namun menjadi ancaman tersendiri akan adanya kepunahan perpustakaan. Oleh karena itu, perlu untuk membangun sebuah branding dan citra positif sehingga keberadaan perpustakaan tetap dianggap sebagai lembaga penyedia informasi oleh masyarakat. Salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan bauran pemasaran 4P (Price, Product,Place and Promotion). Seperti halnya dengan Perpustakaan Universitas Indonesia yang telah menerapkan konsep tersebut secara penuh. Dalam artikel ini, akan membahas terkait analisis bauran informasi sebagai strategi pemasaran informasi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan observasi secara online dan studi pustaka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi dari konsep bauran informasi di Perpustakaan UI. Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk menjadi bahan rujukan mengenai implementasi pemasaran informasi dengan konsep bauran informasi di perguruan tinggi.
Fulltext View|Download
Keywords: Marketing Informasi; Bauran Pemasaran Informasi; Promosi Perpustakaan
  1. Ismayilov, K., Ismayilov, N., & Mammadova, V. (2019). Library information services in academic libraries of Azerbaijan: a comparative study. Library Management, 40(6–7), 461–477. https://doi.org/10.1108/LM-08-2018-0069
  2. Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global Edition,Pearson Education Limited, New York
  3. Noorika Retno Widuri. (2000). Pemasaran Jasa Informasi Dl Perpustakaan. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 25(3–4), 68–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v25i3-4.77
  4. Naibaho, K. (2020). Kajian Pemanfaatan Layanan Rujukan Perpustakaan Universitas Indonesia Tahun 2019 mahasiswa . Mahasiswa yang mayoritas lahir pada rentang tahun 1980-2000 merupakan generasi. 27(2), 95–110
  5. Prasetyawan, A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Perpustakaan Di Era Digital. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.17977/um008v3i12019p008
  6. Patil, S. K., & Pradhan, P. (2014). Library Promotion Practices and Marketing of Library Services: A Role of Library Professionals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 249–254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.191
  7. Reyhan, M. M., & Hermintoyo, H. (2019). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Repositori Perpustakaan Perguruan Tinggi Pada Perpustakaan Universitas Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 204–216
  8. Satriansyah, A. (2019). Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Konsumen Starbucks Coffee. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 157–164. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5283
  9. Subagyo, H. (2020, November 30). Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/30/112126123/librarysaurus?page=all

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.