Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Promosi Aplikasi iJakarta Sebagai Media dalam Memperkenalkan Perpustakaan Digital di Indonesia

*Kania Almira Devina  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian  ini  menjelaskan  mengenai  promosi  layanan  perpustakaan  digital  iJakarta  yang  dilaukan  oleh  Dinas Perpustakaan  Dan  Kearsipan  Provinsi  DKI  Jakart.  Layanan  perpustakaan  digital  iJakarta  merupakan  layanan perpustakaan digital petama yang ada di Indonesia yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 bertepatan dengan Hari Anak Jakarta Membaca  yang dibangun dengan tujuan ntuk kemudahan akses perpustakaan di era digital saat  ini.  Untuk  dapat  dimanfaatkan  dan  dikenal  luas  oleh  pemustaka,  maka  dibutuhkan  adanya  promosi perpustakaan  yang  berguna  sebagai  salah  satu  cara  dalam  mengenalkan  layanan  perpustakaan  digital  iJakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatir review dengan observasi melalui media sosial dan website resmi perpustakaan digital iJakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa media promosi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta yaitu dengan menggunakan media secara langsung yang dilakukan dengan promosi dari mulut ke mulut, dan media sosial seperti website resmi, media sosial instagram, facebook, dan twitter. Diharapkan promosi yang telah dilakukan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta dalam mempromosikan layanan perpustakaan digital iJakarta dapat meningkatkan minat masyarakat luas
Fulltext View|Download
Keywords: promosi perpustakaan; perpustakaan digital; dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi DKI Jakarta
  1. Afifah, A., & Santika, S. (2021). Analisis Promosi Layanan Perpustakaan Digital iSabilulungan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 7(2), 171186
  2. Adhyriza, F. A. (2015). Strategi Promosi Perpustakaan Khusus (Studi Pada Bank IndonesiaSurabaya) (Doctoral dissertation, Brawijaya University)
  3. Fadilah, M. D. Persepsi Ijakarta Bagi Pemustaka Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispusip)Cikini–Provinsi Dki Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Adab dan Humaniora UIN SyarifHidayatullah Jakarta)
  4. Hulaifi, A. Strategi Pemasaran Perpustakaan Perguruan Tinggi
  5. Julianti, S. R., & Christiani, L. (2019). Usability Aplikasi iJakarta pada Pengguna e-PustakaDinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3),251-260
  6. Nento, K. (2019). Evaluasi Aplikasi iJakarta Menggunakan Teori Golden Rules Of UserInterface Design Theo Mandel. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 4(1), 7-17
  7. Suharso, P., & Pramesti, A. N. (2020). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Publication Library and Information Science, 3(2),66-74
  8. Yuadi, I. (2007). Perpustakaan digital: Paradigma, konsep dan teknologi informasi yangdigunakan. Jurnal Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustkaan FISIP Unair Surabaya , 28-35
  9. Yenianti, I. (2019). Promosi perpustakaan melalui media sosial di perpustakaan IAIN Salatiga.Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223-237

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.