Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Strategi promosi sebagai upaya mengeksistensikan perpustakaan di era serba digital

*Virda Haniva  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Teknologi informasi dalam lingkup komputer dan jaringan, bersatu-padu dengan teknologi komunikasi membentuk suatu jaringan internet dengan jangkauan yang luas. Inovasi terbaru seperti teknologi jaringan wireless dan broadband, penyimpanan besar dengan transfer data berkecepatan tinggi, serta integrasi komunikasi dan teknologi selular dengan internet turut berkonstribusi meningkatkan produksi suatu informasi digital. Informasi digital dari internet berawal dari berbagai jenis layanan database online, web page, e-journal, katalog online, e-books, e-reporting, e-clips, dan e-resources lainnya dimana file digital tersebut berupa teks, audio, video, ataupun gambar. Ketersediaan e-resources melalui teknologi internet dan komunikasi tersebut tentu akan mengancam eksistensi perpustakaan jika dalam menyediakan informasinya masih dengan metode konvensional. Masyarakat akan meninggalkan perpustakaan jika tidak dibarengi dengan promosi yang mengemas perpustakaan menjadi sesuatu menarik. Peran promosi sangat penting guna mengenalkan masyarakat wajah perpustakaan yang modern yang didalamnya melayani jasa informasi yang dapat di pertanggungjawabkan kesahihannya
Fulltext View|Download
Keywords: Strategi promosi, perpustakaan, era digital
  1. Daryanto. (2011) Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung, Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
  2. David R. Fred. (2008) Manajemen Strategis: konsep. Edisi 10. Jakarta, Salemba Empat
  3. Dirgantoro, Crown. (2007) Manajemen Stratejik. Jakarta, Grasindo
  4. Gitosudarmo, Indriyo. (2008) Manajemen Strategis.Yogyakarta; BPFE
  5. Kotler, Philip & Keller, K Lane. (2007) Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, Salemba Empat
  6. Mahardjo, M. Thaher Shali Sri, 1975. Promosi Perpustakaan Umum Tahap I. Jakarta : Proyek Pengembangan Perpustakaan Depdikbud
  7. Mustafa, Badollah.(2012) Promosi Jasa Perpustakaan. Tangerang Selatan, Universitas Terbuka
  8. Mucyidin, Ase. 1980. Promosi Perpustakaan. Bandung : Sub Proyek P3T Universitas Padjadjaran
  9. Sukaesih. 1995. Materi Perkuliahan Pemasaran Jasa Informasi : Suatu Pengantar.. Bandung : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
  10. Sulistyo-Basuki.(1993) Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
  11. Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto
  12. Wirawan. 1982. Cara-cara Promosi Perpustakaan Universitas. Lokakarya Penggunaan Media Teknologi Untuk Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : (s.n)
  13. Tak, E., Lam, H., Au, C. H., Chiu, D. K. W., Education, F., & Kong, H. (2019). The Journal of Academic Librarianship Analyzing the use of Facebook among university libraries in Hong Kong. The Journal of Academic Librarianship, 45(3), 175–183. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2019.02.007
  14. Zeng, W., Zhang, J., Li, Y., & Qu, P. (2015). The Study on Media Access Control Protocol for Wireless Network in Library. International Journal of Distributed Sensor Networks 11(8), 2015. https://doi.org/10.1155/2015/792542

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.