slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Peran Perpustakaan Sebagai Pusat Kegiatan Komunitas Di Perpustakaan Ganesa, Gentan, Sukoharjo | Sakti | Jurnal Ilmu Perpustakaan Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Peran Perpustakaan Sebagai Pusat Kegiatan Komunitas Di Perpustakaan Ganesa, Gentan, Sukoharjo

*Galang Eka Sakti  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Roro Isyawati P.G.  -  Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Perpustakaan sebagai Pusat Kegiatan Komunitas di Perpustakaan Ganesa,
Gentan, Sukoharjo”. Perpustakaan Ganesa, Gentan, Sukoharjo sering menjadi tempat bagi komunitas untuk
berkegiatan sejak berdiri pada tahun 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana
Perpustakaan Ganesa menjalankan peran sebagai pusat kegiatan komunitas di Gentan, Sukoharjo. Penelitian
ini menitik beratkan pada pengeksplorasian peran perpustakaan dalam melayani komunitas ketika berkegiatan
di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subjek dan
informan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah pengelola Perpustakaan
Ganesa dan perwakilan komunitas. Objek penelitian ini adalah peran Perpustakaan Ganesa dalam kegiatan
komunitas di Perpustakaan Ganesa. Hasil penelitian ini adalah didapati bagaimana Perpustakaan Ganesa
menjalankan peran sebagai wahana pemenuhan kebutuhan informasi, edukasi, realisasi diri, pengembangan
dan peningkatan kualitas diri serta sebagai tempat pertemuan.
Fulltext View|Download
Keywords: peran perpustakaan; kegiatan komunitas di perpustakaan; pusat komunitas; Perpustakaan Ganesa
Funding: Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
  1. Bafadal, Ibrahim. 2016. Pengelolaan Perpustakaan
  2. Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Basrowi, dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian
  4. Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Brunh, John G. 2011. The Sociology of Community
  6. Connections. New York: Springer Science
  7. Business Media B.V
  8. Djamal. M. 2017. Pradigma Penelitian Kualitatif
  9. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  10. Ganggi, Roro Isyawati Permata. 2018. “Materi Pokok
  11. Dalam Literasi Media Sosial Sebagai Salah Satu
  12. Upaya Mewujudkan Masyarakat Yang Kritis
  13. Dalam Bermedia Sosial.” Anuva: Jurnal Kajian
  14. Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 2(4): 337–
  15. Hasan, Iqbal. 2002. Pokok–Pokok Materi Metodologi
  16. Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia
  17. Indonesia
  18. Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara. Observasi,
  19. dan Focus Groups sebagai Instrumen Penggalian
  20. Data Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  21. Hermawan, Rachman dan Zulfikar Zen. 2006. Etika
  22. Pustakawan: Suatu Pendekatan Terhadap Profesi
  23. dan Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta:
  24. Sagung Seto
  25. Howitt, Dennis. 2016. Introduction to Qualitative
  26. Research Methods in Psychology. London:
  27. Pearson Education Limited
  28. Kertajaya, Hermawan. 2008. Arti Komunitas. Jakarta:
  29. Gramedia Pustaka
  30. Lambert, Vickie A. 2012. Qualitative Descriptive
  31. Research: An Acceptable Design. Pacific Rim
  32. International Journal of Nursing Research vol. 16,
  33. no. 4, hal. 254-256. Dalam https://www.tcithaijo
  34. org/index.php/PRIJNR/
  35. article/download/5805/5064 [Diakses pada 10
  36. November 2018]
  37. Lasa H.S. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah
  38. Jakarta: Pinus
  39. Majekodunmi, Ajimadeke. 2012. Examining the Role
  40. of Rural Community Libraries: Social
  41. Connectedness and Adult Learning. Desertasi
  42. Doktoral Fakultas Pendidikan North Carolina
  43. State University, Raleigh NC
  44. Matthews, B. and Ross, L. 2010. Research Methods
  45. London: Pearson Longman
  46. Matthew, B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny
  47. Saldaña. 2014. Qualitative Data Analysis: A
  48. Methods Sourcebook. Phoenix: Arizona State
  49. University Publications
  50. McMillan, James H. dan Sally Schumacer. 2014
  51. Research in Education: Evidence Based Inquiry
  52. Essex: Pearson Education Limited
  53. Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian
  54. Kualitatif “Edisi Revisi”. Bandung: PT. Remaja
  55. Rosdakarya
  56. Prasetyawan, Yanuar Yoga, and Putut Suharso. 2015. “Inklusi Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Perpustakaan Desa.” Acarya Pustaka 1(1): 31–40
  57. Putnam, Robert, Lewis Feildstein dan Don Cohen
  58. Better Together: Restoring American
  59. Community. London: Simon & Schuster. Dalam
  60. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=
  61. qledfXzFImcC&oi=fnd&pg=PA1&dq=robert+put
  62. nam&ots=i20ndnfyo&sig=H2MZz40SDbD7iSPR
  63. erFLVOxMiKs&redir_esc=y#v=onepage&q=robe
  64. rt%20 putnam&f=false. [Diakses pada 8
  65. November 2018]
  66. Republik Indonesia. 2007. Undang-undang Republik
  67. Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang
  68. Perpustakaan. Jakarta: DPR-RI
  69. Seidman, Irving. 2006. Interviewing as Qualitative
  70. Research: a Guide for Researchers in Education
  71. and the Social Sciences. New York: Columbia
  72. University Teachers College Press
  73. Seokanto, Soerjono. 2009. Sosiologi, Suatu
  74. Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
  75. Suharso, Putut, Bani Sudardi, Sahid Teguh Widodo, and Sri Kusumo. 2019. “The Role of The Library as a Public Space in Facilitating The Social
  76. Activities of Coastal Communities.” In 4th ICTRED 2018, IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, , 1–5

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.