Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

Analisis Kompetensi Inti Librarian 3.0 dalam Mendukung Transformasi Library 3.0 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta

*Rinawati Rinawati  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro
Athanasia Octaviani Puspita Dewi  -  Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kompetensi inti Librarian 3.0 dalam mendukung
transformasi Library 3.0 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta.Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan
yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta memiliki kemampuan-kemampuan yang dapat digunakan
sebagai pendukung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta menuju transformasi Library 3.0.
Kompetensi inti pustakawan dalam mendukung transformasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI
Jakarta diamati berdasarkan teori Librarian 3.0. Kompetensi-kompetensi yang dimiliki pustakawan Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta di antaranya, memiliki status pustakawan yang diperoleh
melalui pendidikan formal dan informal, paham teori kepustakawanan dan manajemen informasi, memiliki sikap
profesional, memahami gambaran besar perpustakaan ke dalam visi dan misi organisasi, menetapkan prioritas
dan mengevaluasi kinerja perpustakaan, serta kemampuan untuk mendukung peneliti dan pengguna lain.
Menerapkan kompetensi inti Librarian 3.0 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta menjadi
wujud dalam mendukung transformasi menuju Library 3.0.
Fulltext View|Download
Keywords: pustakawan 3.0; perpustakaan 3.0; kompetensi inti pustakawan; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta
  1. Ayoku, Ojedokun A dan Victoria Nwamaka Okafor
  2. “ICT Skills Acquisition and
  3. Competencies of Librarians”. The Electronic
  4. Library, Vol. 33 Iss 3 pp. 502 – 523 dalam
  5. https://eresources
  6. perpusnas.go.id:2172/media/pq/class
  7. ic/doc/3695850211/fmt/pi/rep/NONE [Diakses
  8. pada 05 Oktober 2017]
  9. Bhattacharya, Anindya. 2016. “Library 3.0 And Its
  10. Impact On Modern LibraryServices”. Ijnglt
  11. February 2016, Vol. 2 Issue 1 dalam
  12. www.Ijnglt.Com/Files/Vol%202%20issue%20
  13. /Anindiya.Pdf [Diakses pada tanggal 06 Mei
  14. Belling, A. 2011. “Exploring Library 3.0 and
  15. beyond”. Dalam
  16. http://www.libraries.vic.gov.au/downloads/2
  17. _Shared_Leadership_Program_Pres
  18. enttion_Day_/exploring_library_3.pdf
  19. [Diakses pada tanggal 11 Maret 2018]
  20. Chouhan, Vikram Singh dan Sandeep Srivastava
  21. “Understanding Competencies and
  22. Competency Modeling- A Literature Survey”
  23. Journal of Business and Management . Vol. 16,
  24. Issue 1. Ver. I (Jan. 2014), PP 14-22 dalam
  25. https://pdfs.semanticscholar.org/f9e4/f17ce671
  26. b53a33d3da74e3bf12d85f540715.pdf [Diakses
  27. pada tanggal 13 April 2018]
  28. Herdiansyah, Haris. 2012.Metodologi Penelitian
  29. Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:
  30. Salemba Humanika
  31. Kwanya, Tom., Cristine Stilwell dan Peter G
  32. U.2015. Library 3.0 : IntelligentLibraries and
  33. Apomediation. Waltham, MA : Chandos
  34. Partridge, Helen L., Lee, Julie M., dan Munro, Carrie
  35. “Becoming Librarian 2.0 : the skills,
  36. knowledge, and attributes required by library
  37. and information science professionals in a Web
  38. 0 world (and beyond)”. Library Trends,
  39. (1/2), pp. 315-335. Dalam
  40. https://eprints.qut.edu.au/39553/ [Diakses pada
  41. tanggal 09 Maret 2018]
  42. Pendit, Putu Laxman.2003. Penelitian Ilmu
  43. Perpustakaan dan Informasi: SuatuPengantar
  44. Diskusi Epistimologi dan Metodologi
  45. Jakarta:JIP-FSUI
  46. Presenter, Sarah Sutton dan Susan Davis
  47. Recorder.2011.“Core Competencies for
  48. Electronic Resources Librarians”.The Serials
  49. Librarian, 60:1-4, 147-152 dalam
  50. http://www.sciencedirect.com/science/article/p
  51. ii/S1464905501001907 [Diakses pada tanggal
  52. April 2018]
  53. Santoso, Wartini. 2010. “Kelompok Kerja Tenaga
  54. Fungsional Pustakawan Sebagai Sarana
  55. Menuju Pustakawan Profesional”. Media
  56. Pustakawan, Vol. 17 No. 3 – Juni
  57. dalam http://pnri.go.id/magazinedetail
  58. php?lang=en&id=8247[Diakses pada
  59. tanggal 19 November 2018]
  60. Spencer L. & Spencer S. 1993.Competence at Work:
  61. Model for Superior Performance. John Wiley &
  62. Sons: New York
  63. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif
  64. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  65. Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta:
  66. Wedatama Widya Sastra
  67. Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya
  68. Manusia. Jakarta: Kencana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.