PERAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT LENTERA HATI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN NONFORMAL UNTUK ANAK-ANAK NELAYAN DESA KARANGSONG KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT

Nur Santy, Jazimatul Husna

Abstract


Penelitian ini mengkaji mengenai peran TBM sebagai sarana pembelajaran nonformal untuk
anak-anak nelayan. TBM yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah TBM Lentera
Hati yang terletak di wilayah pesisir Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kabupaten
Indramayu Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling.
Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian bahwa TBM
Lentera Hati sangat berperan terhadap anak-anak nelayan Desa Karangsong sebagai
penyedia informasi, sebagai sumber belajar nonformal, dan sebagai tempat berkegiatan
publik. Program kegiatan belajar nonformal di TBM Lentera Hati meliputi, kelas bahasa
Inggris, kelas menulis, piknik literasi, dan pojok baca. Adanya dari kegiatan-kegiatan
tersebut peran TBM Lentera Hati dapat membantu anak-anak nelayan dalam menambah
wawasan, pengalaman, pengetahuan, keterampilan serta sebagai pelengkap pendidikan
formal.

Keywords


Taman Bacaan Masyarakat Lentera Hati; pembelajaran nonformal; anak-anak nelayan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.