ANALISIS JARINGAN INFORMASI PADA METODE PEMASARAN SHOUTOUT FOR SHOUTOUT

Norla Ubitha, Amin Taufiq Kurniawan

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Jaringan Informasi pada Metode Pemasaran Shoutout For Shoutout”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Konsep Jaringan Informasi pada Metode Pemasaran Shoutout For Shoutout. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang dikumpulkan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan wawancara secara online, dokumen, dan alat penelitian Instagram dan Line. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 admin SFS Olshop, 4 member SFS Olshop, dan 2 follower dari SFS Olshop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jaringan SFS Olshop merupakan Jaringan Informasi yang bergerak dalam bidang bisnis yaitu mengembangkan bisnis online di media sosial Instagram. Tujuan dibentuk jaringan SFS Olshop adalah untuk mengembangkan bisnis online melaui media sosial Instagram, dengan saling mempromosikan satu sama lain. Pelaksanaan jaringan ini adalah berupa resource sharing atau berbagi sumber daya informasi yang dimiliki oleh para anggota jaringan. Interaksi dalam jaringan SFS Olshop menunjukkan tipe relasi simetris (relasi yang bersifat dua arah) yaitu saling memberikan kontribusi antar anggota jaringan. Sedangkan untuk konfigurasi jaringan adalah jaringan sentralisasi terpusat, yaitu semua unit informasi harus melakukan komunikasi dan transfer di simpul utama (pusat) yaitu SFS Olshop

Keywords


jaringan informasi; Shoutout For Shoutout; Instagram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.