BibTex Citation Data :
@article{JIP15347, author = {Lilin Subiyanti and Yanuar Prasetyawan}, title = {ANALISIS STRATEGI PEMBINAAN MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN SMP N 1 KERTEK WONOSOBO}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {4}, year = {2016}, keywords = {kebiasaan membaca, minat baca, dan strategi pembinaan minat baca.}, abstract = { Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Pembinaan Minat Baca di Perpustakaan SMP N 1 Kertek Wonosobo”. P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembinaan minat baca siswa di Perpustakaan SMP N 1 Kertek Wonosobo dan mengetahui dampak strategi pembinaan minat baca siswa terhadap minat dan kebiasaan membaca siswa . Penelitian ini menggunakan desain penelitian kombinasi jenis sequential exploratory design . Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling, sementara teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yang dikombinasi dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan , program strategi pembinaan minat baca siswa berupa program K amis S erentak M embaca yang didukung dengan pembuatan pojok baca di setiap kelas. Hambatan pelaksanaan strategi pembinaan minat baca yaitu adanya keterbatasan waktu dan koleksi, serta perbedaan minat siswa. Adapun s trategi pembinaan minat baca tidak terlalu berdampak pada minat baca dan kebiasaan membaca siswa. Hasil data kuantitatif menunjukkan, bahwa aktivitas membaca sebagai aktivitas paling diminati siswa hanya mencapai 35,2% , alasan siswa ketika membaca karena guru/ pustakawan merekomendasikan bacaan mencapai 7%, dan kebiasaan siswa memperoleh bahan bacaan dari perpustakaan kelas mencapai 6,8%. }, issn = {97980000000}, pages = {191--200} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15347} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Pembinaan Minat Baca di Perpustakaan SMP N 1 Kertek Wonosobo”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembinaan minat baca siswa di Perpustakaan SMP N 1 Kertek Wonosobo dan mengetahui dampak strategi pembinaan minat baca siswa terhadap minat dan kebiasaan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kombinasi jenis sequential exploratory design. Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling, sementara teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yang dikombinasi dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan, program strategi pembinaan minat baca siswa berupa program Kamis Serentak Membaca yang didukung dengan pembuatan pojok baca di setiap kelas. Hambatan pelaksanaan strategi pembinaan minat baca yaitu adanya keterbatasan waktu dan koleksi, serta perbedaan minat siswa. Adapun strategi pembinaan minat baca tidak terlalu berdampak pada minat baca dan kebiasaan membaca siswa. Hasil data kuantitatif menunjukkan, bahwa aktivitas membaca sebagai aktivitas paling diminati siswa hanya mencapai 35,2%, alasan siswa ketika membaca karena guru/ pustakawan merekomendasikan bacaan mencapai 7%, dan kebiasaan siswa memperoleh bahan bacaan dari perpustakaan kelas mencapai 6,8%.
Last update: