Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

METODE HIPNOSIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMA NEGERI 2 SEMARANG

*Ariesta Nuur Fattaah  -  Universitas Diponegoro
Joko Wasisto  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berjudul metode hiposis dalam meningkatkan minat baca siswa SMA N 2 Semarang merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain eksperimen yang penulis gunakan adalah desain klasik. Desain tersebut digunakan karena penulis ingin memanipulasi minat baca siswa dengan treatment hipnosis kemudian membandingkan respon kelompok untuk melihat ada tidaknya perbedaan akibat treatment yang dilakukan. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X SMA N 2 Semarang sejumlah 30 siswa. Sampel terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Setiap kelompok akan mendapatkan kuesioner pre test sebagai sumber data sebelum diberi treatment dan post test setelah treatment dilakukan. Kuesioner pre test dan post test merupakan alat ukur minat baca yang terdiri dari enam indikator, yaitu kebutuhan terhadap bacaan, tindakan mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, keinginan untuk selalu membaca, dan tindak lanjut. Treatment pada kelompok eksperimen dimulai dari tahap persiapan, induksi, memperdalam trans, pemberian sugesti, membangunkan klien. Sedangkan kelompok kontrol tidak menerima treatment apapun. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Rank Test dan Uji U Mann Whitney dengan bantuan program aplikasi SPSS 22. Berdasarkan hasil uji signifikansi post test bahwa nilai signifikasi p-value sebesar 0.021 < 0.05, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan minat baca siswa yang signifikan terhadap perlakuanĀ  pemberian hipnosis, sehingga metode hipnosis dapat meningkatkan minat baca siswa SMA N 2 Semarang.

Fulltext
Keywords: minat baca, hipnosis, sma n 2 semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.