Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PENERAPAN KNOWLEDGE SHARING MELALUI MEDIA FACEBOOK DI KOMUNITAS KELAS MENULIS PUSTAKAWAN

*Agustia Tri Kurniasih  -  Universitas Diponegoro
Ana Irhandayaningsih  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan knowledge sharing melalui media facebook di komunitas KMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara semi terstruktur, wawancara mendalam (in-depht interview) dan studi dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan knowledge sharing melalui facebook di komunitas Kelas Menulis Pustakawan berdasarkan teori dari Nonaka dan Takeuchi yang meliputi proses sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi. Proses sosialisasi yang dilakukan di komunitas KMP adalah dengan adanya kegiatan pertemuan yang bersifat insidental, selain dengan pertemuan yaitu kegiatan sharing di grup facebook. Proses eksternalisasi yang dilakukan di komunitas KMP adalah secara umum ada yang ditugaskan untuk mencatat hasil dokumentasi di KMP, dokumentasi tersebut berupa soft copy dan hard copy selain itu juga ada dokumentasi foto-foto dari kegiatan pertemuan. Proses kombinasi yang dilakukan komunitas KMP adalah membagikan kembali hasil dokumentasi di grup facebook. Adapun cara yang dilakukan untuk mengkombinasikan pengetahuan yang diperoleh dari hasil sharing pada saat pertemuan, kemudian dikombinasikan dengan pengetahuan yang diperoleh dari sumber internet maupun sumber materi dari hasil penelitian maupun dari jurnal. Proses internalisasi yang dilakukan di komunitas KMP adalah menerapkan dan membagikan pengetahuan yang mereka peroleh dari hasil pengalaman serta pembelajarannya kepada orang lain.

Fulltext
Keywords: manajemen pengetahuan; knowledge sharing; facebook; Kelas Menulis Pustakawan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.