Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

ANALISIS PENERAPAN KONSEP LEARNING COMMONS PADA LAYANAN AMERICAN CORNER DI UPT PERPUSTAKAAN UIN WALISONGO SEMARANG

*Cucuk Senja Prabandari  -  Universitas Diponegoro
Sri Ati  -  Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Konsep Learning Commons pada Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pemanfaatan konsep learning commons pada Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan  menggunakan 6 informan. Kriteria informannya adalah pustakawan bagian Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang dan pemustaka yang sering memanfaatkan di Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis Huberman dan Miles yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi, data display/model data, dan verifikasi/ penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang sudah melakukan penerapan konsep learning commons. Hal ini ditemukan mirip dengan teorinya Harland (2011) yang dilakukan dengan menggunakan tujuh langkah yaitu, berorientasi kepada pemustaka, mudah disesuaikan, pertanyaan yang berulang-ulang, bekerjasama dengan penyedia informasi, menghapus hambatan, percaya pada pengguna, dan melakukan publikasi. Adapun pemanfaatan Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang pemustaka banyak yang memanfaatkan untuk hiburan dan belajar.

Fulltext
Keywords: Penerapan Konsep learning commons; Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang; Pemanfaatan Konsep learning commons

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.