Jurnal Ilmu Perpustakaan
BibTex Citation Data :
@article{JIP15303, author = {Cucuk Prabandari and Sri Ati}, title = {ANALISIS PENERAPAN KONSEP LEARNING COMMONS PADA LAYANAN AMERICAN CORNER DI UPT PERPUSTAKAAN UIN WALISONGO SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {2}, year = {2016}, keywords = {Penerapan Konsep learning commons; Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang; Pemanfaatan Konsep learning commons}, abstract = { Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Konsep Learning Commons pada Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pemanfaatan konsep learning commons pada Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan menggunakan 6 informan. Kriteria informannya adalah pustakawan bagian Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang dan pemustaka yang sering memanfaatkan di Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis Huberman dan Miles yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi, data display/model data, dan verifikasi/ penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang sudah melakukan penerapan konsep learning commons. Hal ini ditemukan mirip dengan teorinya Harland (2011) yang dilakukan dengan menggunakan tujuh langkah yaitu, berorientasi kepada pemustaka, mudah disesuaikan, pertanyaan yang berulang-ulang, bekerjasama dengan penyedia informasi, menghapus hambatan, percaya pada pengguna, dan melakukan publikasi. Adapun pemanfaatan Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang pemustaka banyak yang memanfaatkan untuk hiburan dan belajar. }, issn = {97980000000}, pages = {301--310} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15303} }
Refworks Citation Data :
Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Konsep Learning Commons pada Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pemanfaatan konsep learning commons pada Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan menggunakan 6 informan. Kriteria informannya adalah pustakawan bagian Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang dan pemustaka yang sering memanfaatkan di Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis Huberman dan Miles yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi, data display/model data, dan verifikasi/ penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang sudah melakukan penerapan konsep learning commons. Hal ini ditemukan mirip dengan teorinya Harland (2011) yang dilakukan dengan menggunakan tujuh langkah yaitu, berorientasi kepada pemustaka, mudah disesuaikan, pertanyaan yang berulang-ulang, bekerjasama dengan penyedia informasi, menghapus hambatan, percaya pada pengguna, dan melakukan publikasi. Adapun pemanfaatan Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang pemustaka banyak yang memanfaatkan untuk hiburan dan belajar.
Last update: