EFEKTIFITAS PRODUK KEMAS ULANG INFORMASI DOKUDRAMA BER-SUBTITLE SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA BAGI PEMUSTAKA TUNARUNGU

*Maulana Panggalih Sae  -  Universitas Diponegoro
Rizki Nur Islaminingsih  -  Universitas Diponegoro
Published: 1 Aug 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 124 81
Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektifitas Produk Kemas Ulang Informasi Dokudrama Bersubtittle sebagai Sarana Pembelajaran bagi Pemustaka Tunarungu.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas produk kemas ulang informasi bersubtittle terhadap proses pembelajaran bahasa anak tunarungu siswa SMP-LB-B Don Bosco Wonosobo. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP-LB Don Bosco Wonosobo.Sampel yang digunakan yaitu 25 siswa dengan pengambilan teknik sampel Non Probabilita. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu docudrama bersubtitle dan pembelajaran bahasa anak tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan studi kepustakaan sebagai data pendukung.Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa Dokudrama Bersubtitle yaitu 4,11 yang berarti Efektif, dan tingkat Pembelajaran Bahasa Anak Tunarungu yaitu 4,09 yang berarti Efektif. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Spearman.Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara docudrama bersubtitle dengan pembelajaran bahasa anak tunarungu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi < 0,05.

Keywords: dokudrama;subtitle; pembelajara;bahasa; tunarungu

Article Metrics: