KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOLESE LOYOLA SEMARANG DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR

*Ema Efiyati Latifah  -  Universitas Diponegoro
Jazimatul Husna  -  Universitas Diponegoro
Published: 1 Aug 2016.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 284 188
Abstract

Skripsi ini berjudul “Kemampuan Literasi Informasi Siswa Sekolah Menengah Atas Kolese Loyola Semarang Ditinjau dari Prestasi Belajar”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi informasi siswa kelas X dan XI yang memperoleh prestasi akademik (belajar) di SMA Kolese Loyola Semarang. Penelitian ini menggunakan standar literasi informasi yang diterapkan di sekolah yaitu  American Association of School Librarians (AASL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Informan berjumlah 9 orang yang terdiri dari 2 guru sebagai informan kunci, 6 siswa yang sesuai dengan kriteria informan sebagai informan utama dan 1 pustakawan sebagai informan tambahan. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh prestasi akademik di SMA Kolese Loyola Semarang sudah memiliki kemampuan literasi informasi yang baik dalam  mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Siswa sudah mampu mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, siswa secara mandiri dapat mencari informasi sesuai dengan minat pribadinya, menghargai literatur dan melakukan diskusi dengan baik untuk saling bertukar pikiran. Namun, beberapa siswa masih melakukan copy paste dalam mengerjakan tugas dan ada pula siswa yang susah untuk melakukan diskusi serta beberapa siswa sulit untuk menerima saran yang diberikan oleh orang lain.

Keywords: literasi informasi, standar literasi informasi, literasi siswa, prestasi sekolah

Article Metrics: