BibTex Citation Data :
@article{JIP15232, author = {Vivin Yukhadin and Athanasia Dewi}, title = {ANALISIS PERSIAPAN PERPUSTAKAAN DALAM MENGHADAPI LOMBA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGKAT EKS KARESIDENAN SEMARANG (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 6 SALATIGA)}, journal = {Jurnal Ilmu Perpustakaan}, volume = {5}, number = {3}, year = {2016}, keywords = {lomba perpustakaan, standar nasional perpustakaan, perpustakaan sekolah}, abstract = { Penelitian ini berjudul “Analisis Persiapan Perpustakaan dalam Menghadapi Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Eks Karesidenan Semarang (Studi Kasus di Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan yang dilakukan Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga dalam menghadapi lomba perpustakaan sekolah tingkat Eks Karesidenan Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, jenis deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Dalam instrumen penilaian lomba perpustakaan SMP tingkat Eks Karesidenan Semarang terdapat dua belas aspek yang dinilai. Dua belas aspek yang dinilai dalam lomba tersebut mengacu pada standar nasional perpustakaan sekolah SMP/MTs. Berdasarkan penelitian di Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga diperoleh hasil, Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga memenuhi SNP SMP/MTs dalam hal kelembagaan perpustakaan, pendirian perpustakaan, program kerja perpustakaan, laporan kegiatan yang disusun, alokasi ruang, kondisi perpustakaan, sarana dan prasarana, sumber anggaran, alokasi anggaran untuk perpustakaan, status tenaga perpustakaan, jenjang pendidikan tenaga perpustakaan, jumlah buku, buku referensi, surat kabar dan majalah yang dilanggan, penambahan buku per tahun, otomasi perpustakaan, perangkat multimedia, penggunaan alat seleksi bahan pustaka, pengolahan buku, hari buka perpustakaan, promosi, kerjasama perpustakaan, dan data pendukung. Adapun dalam hal luas gedung/ ruang perpustakaan, persentase buku nonfiksi, dan jam buka perpustakaan belum memenuhi standar minimal SNP SMP/MTs. }, issn = {97980000000}, pages = {201--210} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15232} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini berjudul “Analisis Persiapan Perpustakaan dalam Menghadapi Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Eks Karesidenan Semarang (Studi Kasus di Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persiapan yang dilakukan Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga dalam menghadapi lomba perpustakaan sekolah tingkat Eks Karesidenan Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif, jenis deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Dalam instrumen penilaian lomba perpustakaan SMP tingkat Eks Karesidenan Semarang terdapat dua belas aspek yang dinilai. Dua belas aspek yang dinilai dalam lomba tersebut mengacu pada standar nasional perpustakaan sekolah SMP/MTs. Berdasarkan penelitian di Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga diperoleh hasil, Perpustakaan SMP Negeri 6 Salatiga memenuhi SNP SMP/MTs dalam hal kelembagaan perpustakaan, pendirian perpustakaan, program kerja perpustakaan, laporan kegiatan yang disusun, alokasi ruang, kondisi perpustakaan, sarana dan prasarana, sumber anggaran, alokasi anggaran untuk perpustakaan, status tenaga perpustakaan, jenjang pendidikan tenaga perpustakaan, jumlah buku, buku referensi, surat kabar dan majalah yang dilanggan, penambahan buku per tahun, otomasi perpustakaan, perangkat multimedia, penggunaan alat seleksi bahan pustaka, pengolahan buku, hari buka perpustakaan, promosi, kerjasama perpustakaan, dan data pendukung. Adapun dalam hal luas gedung/ ruang perpustakaan, persentase buku nonfiksi, dan jam buka perpustakaan belum memenuhi standar minimal SNP SMP/MTs.
Last update: