skip to main content

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HAND AND BODY LOTION CITRA DI KOTA SEMARANG

*Amelina Fatmahwati  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Widayanto Widayanto  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Andi Wijayanto  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Beauty company competition moves so fast to meet consumer needs and desires for skin care. Companies must be able to develop strategies to be able to compete and survive in the market by increasing the marketing mix, one of which is promotion using celebrity endorsers and price perceptions. In 2018-2022 Citra's hand and body lotion has decreased based on the Top Brand Index data, which means that consumers have a decrease in products that are in demand by consumers and have an impact on purchasing decisions. This study aims to determine the influence of celebrity endorsers and price perceptions on purchasing decisions by using quantitative research. This research uses explanatory research type with non-probability sampling technique through purposive sampling and accidental sampling approaches. Data collection was carried out by distributing research questionnaires to 97 people in Semarang City.  The analysis technique used validity test, reliability test, simple linear regression, multiple linear regression, t test, F test using SPSS 26. Celebrity endorsers and price perceptions partially have a significant positive effect on purchasing decisions and simultaneously have a significant effect on purchasing decisions. So, it is suggested that hand and body lotion products improve the quality of celebrity endorsers to promote products, improve product quality according to the price offered, and provide a buy 2 get 1 price program to increase consumer purchasing decisions.

Keyword: Celebrity endorser; Price Perception; Purchase Decision

 

Persaingan perusahaan kecantikan bergerak begitu cepat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap perawatan kulit. Perusahaan harus mampu menyusun strategi agar mampu bersaing dan bertahan pada pasar dengan cara meningkatkan bauran pemasaran salah satunya yaitu promosi menggunakan celebrity endorser dan persepsi harga. Pada tahun 2018-2022 hand and body lotion Citra mengalamani penurunan berdasarkan data Top Brand Index yang berarti konsumen memiliki penurunan terhadap produk yang diminati oleh konsumen dan berdampak pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling melalui pendekatan purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian pada 97 orang Kota Semarang. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F menggunakan SPSS 26. Celebrity Endorser dan Persepsi harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran pada penelitian ini agar produk hand and body lotion meningkatkan kualitas celebrity endorser untuk mempromosikan produk, memperbaiki kualitas produk sesuai dengan harga yang ditawarkan, dan memberikan program harga buy 2 get 1 untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Kata Kunci: Celebrity endorser; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian.

Fulltext View|Download
Keywords: Celebrity endorser;Persepsi Harga;Keputusan pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.