skip to main content

PENGARUH HARGA, LOKASI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAYBELLINE (Studi Pada Konsumen Maybelline Paragon Mall Semarang)

*Iwang Adhi Suryawan  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Sudharto Prawata Hadi  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Abstract Purchasing decisions are consumer decisions with economic, financial, technological, political, cultural, product, price, and location considerations before finally deciding to purchase a product or use a service. The purpose of this research is to find out how far the price, location and brand image influence the purchasing decision. The object of research in this study is a beauty product with the brand "Maybelline". This study used a quantitative method with statistical processing using the SPSS application through primary data obtained from filling out the questionnaire. The sample in this study amounted to 100 respondents and was taken using accidental sampling technique. The results of the data analysis that has been done show that price has a positive and significant effect on purchasing decisions, location has a positive and significant effect on purchasing decisions, and brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, price, location and brand image have a significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Price, Location, Brand Image, Purchase Decision

 

Abstrak Keputusan pembelian merupakan keputusan konsumen dengan pertimbangan ekonomi keuangan, teknologi, politik, budaya, produk, harga, dan lokasi sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh harga, lokasi dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah produk kecantikan dengan merek “Maybelline”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengolahan statistic menggunakan aplikasi SPSS melalui data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan diambil menggunakan teknik accidental sampling. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berpengaruh positi dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, harga, lokasi dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: Harga, Lokasi, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Fulltext View|Download
Keywords: Harga; Lokasi; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.