BibTex Citation Data :
@article{IO4345, author = {Marcia Ardianto and Tandiyo Pradekso and Sri Herieningsih}, title = {Hubungan Intensitas Menonton Film Animasi dan Peran Orangtua Sebagai Gatekeeper terhadap Tingkat Agresivitas Anak}, journal = {Interaksi Online}, volume = {2}, number = {1}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Hubungan Intensitas Menonton Film Animasi dan Peran Orangtua Sebagai Gatekeeper terhadap Tingkat Agresivitas Anak ABSTRAK Saat ini banyak film animasi yang ditayangkan untuk anak-anak dan pada jam menonton anak. Film animasi tersebut tidak hanya ditayangkan di televisi nasional saja, bahkan televisi berlangganan pun mempunyai beberapa channel yang khusus menayangkan film animasi. Akan tetapi, tidak semua film animasi mengandung muatan positif. Film animasi yang mengandung muatan-muatan negatif, dikhawatirkan dapat memicu perilaku agresif pada anak. Faktor yang mempengaruhi tingkat agresivitas anak antara lain intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton film animasi terhadap tingkat agresivitas anak yang disertai dengan peran orangtua sebagai gatekeeper. Teori yang digunakan adalah teori belajar sosial (social learning theory) dan parental mediation theory. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe eksplanatori dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas 4, 5, dan 6 di kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan sampel sebanyak 73 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi terhadap tingkat agresivitas anak dengan signifikansi 0,04 dan terdapat hubungan yang negatif antara peran orangtua sebagai gatekeeper terhadap tingkat agresivitas anak dengan signifikansi 0,521. Akan tetapi terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper terhadap tingkat agresivitas anak dengan signifikansi 0,021. Persentase sumbangan variabel intensitas menonton film animasi dan variabel peran orangtua sebagai gatekeeper terhadap variabel tingkat agresivitas anak sebesar 10,4%. Saran bagi Komisi Penyiaran Indonesia, hendaknya bisa membatasi penayangan film animasi yang mengandung muatan negatif. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan variabel yang berbeda, misalnya intensitas komunikasi interpersonal, pola asuh orangtua, atau faktor demografis, karena variabel-variabel tersebut dimungkinkan bisa mempengaruhi tingkat agresivitas anak. Kata kunci : intensitas menonton film animasi; peran orangtua sebagai gatekeeper; tingkat agresivitas anak ABSTRACT Today there’s a lot of animated films are aired for the children and in the children’s spare time. The animated film is not only aired on national television, but also in subscription television that have channels that broadcast animated films. However, not all animated films contains positive values. Animated films that contained negative values, it is feared could trigger aggressive behavior in children. Factors that affected the level of children’s aggressivity include the intensity of watching animated films and the parent’s role as gatekeeper. The purpose of this study was to recognize the relationship between the intensity of watching the animated films and the parent’s role as gatekeeper and the level of children’s aggressivity. The theory that is used is the social learning theory and parental mediation theory. This type of research used in this study is the explanatory type with quantitative research method approach. The population of this research were primary school childrens grades 4, 5, and 6 in Semarang. The sampling technique was multistage random sampling with the sample of 73 respondents. The results showed that there was a realtionship between the intensity of watching the animated movie and the level of children’s aggresivity with a significance level of 0,04, and also a relationship between the parent’s role as gatekeeper and the level of children’s aggressivity with a significance level of 0,521. However, there’s a relationship between the intensity of watching animated movie and the parent’s role as gatekeeper and the level of children’s aggresivity with a significance level of 0.021. The contribution from independence variable and intervening variable toward dependence variable are 10,4% The suggestion for Komisi Penyiaran Indonesia is to limit the animated films with negative values. To the next research, it is suggested to do a research with different variables, such as interpersonal communication intensity, parent’s parenting method, or children’s demographic factors, because these variables can also influence the level of children’s aggressiveness. Keywords: the intensity of watching the animated films;parent’s role as gatekeeper; levels of children’s aggressivity 1. PENDAHULUAN Film animasi merupakan tayangan TV bergenre program anak yang mempunyai persentase paling besar dibandingkan tayangan anak lainnya. Ironisnya, tidak sedikit film animasi yang ditayangkan mengandung lebih banyak muatan negatif, seperti kekerasan, mistik, dan seks. Menurut Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) terdapat tiga kategori tayangan televisi untuk anak, yaitu : a). Aman: kategori tayangan yang tidak hanya menghibur bagi anak, tapi juga memberikan manfaat lebih, seperti pendidikan, motivasi, mengembangkan sikap percaya diri dan penanaman nilai-nilai positif dalam kehidupan (persahabatan, penghargaan terhadap diri sendiri dan orang lain, kejujuran). b). Hati-hati : tayangan yang relatif seimbang antara muatan positif dan negatif. c). Bahaya : tayangan yang mengandung jauh lebih banyak muatan negatif daripada muatan positif. Di Indonesia pada tahun 2010, menurut YPMA tayangan anak berlabel merah masih 30%, idealnya 70% adalah aman, padahal angka 30% tersebut belum termasuk tayangan berkategori hati-hati. Menurut Wayne Danielson dalam National Television Violence Study 1995-1997, disimpulkan bahwa anak-anak lebih rawan daripada orang dewasa ketika menonton kekerasan. Anak-anak yang memiliki kecenderungan untuk meniru apa yang dilihat, mempunyai kemungkinan untuk meniru adegan kekerasan di televisi (Vivian, 2008 : 487). Salah satu penyebab anak melakukan kekerasan, menurut Ketua Komnas Perlindungan anak adalah adegan kekerasan yang dipertontonkan pada anak. Adegan kekerasan tersebut menjadi role model bagi anak yang kemudian diaplikasikan anak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan anak senang meniru apa yang dilihatnya (http://m.merdeka.com/jakarta/tawuran-pelajar-dampak-adegan-kekerasan-yang-d ilihat-remaja.html. diakses pada tanggal 12 April 2013). Orangtua sebagai pembimbing anak saat menonton televisi sangatlah penting. Orangtua perlu menyeleksi program-program, menghidupkan hanya pada acara tertentu, melakukan diet televisi, juga mengajari anak untuk mengkritisi acara yang ada di televisi. Selain itu, orangtua pun harus tahu banyak mengenai acara apa saja yang berkaitan dengan anak (Hidayati, 1998 : 90). Peran orangtua sebagai gatekeeper dilihat sebagai penyaring dan pengontrol tayangan televisi yang ditonton anak. Gatekeeper dapat berupa seseorang atau sekelompok yang dilalui suatu pesan dalam perjalanannya dari pengirim ke penerima. Fungsi utama gatekeeper adalah menyaring pesan yang diterima seseorang (DeVito, 1997:530). Hal ini dapat dilakukan orangtua dengan memberi batasan mana yang ditonton oleh anak dan mana yang tidak, serta mendampingi dan memberi penjelasan mengenai adegan atau peristiwa yang ada dalam film kepada anak. Perumusan masalah Apakah terdapat hubungan antara intensitas menonton film animasi dan peran orang tua sebagai gatekeeper dengan tingkat angresivitas anak-anak? Tujuan penelitian Untuk mengetahui hubungan intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper dengan tingkat agresivitas anak. Kerangka teori Teori belajar sosial oleh Bandura mengatakan bahwa kita belajar dengan mengamati apa yang dilakukan oleh orang lain. Melalui belajar observasi (modeling atau imitasi), kita secara kognitif mempresentasikan tingkah laku orang lain dan kemudian mungkin meniru tingkah laku tersebut (Santrock, 2003 : 53). J. L. Singer menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara parental mediation, tingkat agresivitas anak, dan seringnya anak menonton televisi. Anak prasekolah yang jarang menonton televisi menunjukkan tingkat agresivitas dan parental mediation yang rendah. Anak yang sering menonton televisi dengan orangtua yang melakukan parental mediation menunjukkan tingkat agresivitas yang lebih rendah daripada anak yang sering menonton televisi dengan orangtua yang jarang melakukan parental mediation (Moeller, 2001 : 144). Parental mediation merupakan mediasi yang dilakukan orangtua pada anak mengenai televisi. Parental mediation diuraikan sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam mengatur pengaruh televisi pada anak. Terdapat tiga bentuk parental mediation menurut Nathanson (Mendoza, 2009 : 30), antara lain: Coviewing mediation (orangtua menonton televisi dengan anak tanpa adanya diskusi), Restrictive mediation (orangtua menetapkan aturan dan batasan pada konsumsi televisi anak, termasuk jenis program dan isi dari televisi), Active mediation (orangtua mendiskusikan dengan anak mengenai apa yang dilihat di televisi). Geometri Hubungan Antar Variabel Hipotesis · Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi (X1) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi intensitas menonton film animasi akan menyebabkan semakin tingginya tingkat agresivitas anak. · Terdapat hubungan yang positif antara peran orangtua sebagai gatekeeper (X2) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi peran orangtua sebagai gatekeeper akan menyebabkan semakin rendahnya tingkat agresivitas anak. · Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi (X1) dan peran orangtua sebagai gatekeeper (X2) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Metodologi Tipe / jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6 di kota Semarang yang tersebar di 16 subrayon. Untuk penelitian ini menggunakan multistage random sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, jumlah sampel yang diperoleh adalah 73 siswa. INTENSITAS MENONTON FILM ANIMASI (X1) PERAN ORANGTUA SEBAGAI GATEKEEPER (X2) TINGKAT AGRESIVITAS ANAK (Y) 2. HASIL PENELITIAN Frekuensi Menonton Film Animasi Durasi Menonton Film Animasi Indikator Peran Orangtua Sebagai Gatekeeper Peran Orangtua Sebagai Gatekeeper Tingkat Agresivitas Responden 3. PEMBAHASAN Hubungan X1 dengan Y Pengujian adanya hubungan intensitas menonton film animasi (X1) terhadap tingkat agresivitas anak (Y) didasarkan pada nilai korelasi yang diperoleh yaitu 0,311, nilai korelasi mendekati angka 1 dengan signifikansi yang diperoleh, yaitu sebesar 0,04, yang artinya lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa intensitas menonton film animasi berpengaruh terhadap tingkat agresivitas anak diterima. Hubungan X2 dengan Y Pengujian adanya hubungan intensitas menonton film animasi (X1) terhadap tingkat agresivitas anak (Y) didasarkan pada nilai korelasi yang diperoleh yaitu - 0,073, nilai korelasi mendekati angka 0, menunjukkan hubungan yang lemah. Signifikansi yang diperoleh, yaitu sebesar 0,521, yang artinya lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa peran orangtua sebagai gatekeeper berpengaruh terhadap tingkat agresivitas anak ditolak. Hubungan X1 dan X2 dengan Y Pengujian adanya pengaruh intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper terhadap tingkat agresivitas anak didasarkan pada signifikansi yang diperoleh, yaitu sebesar 0,021. Karena signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper berpengaruh terhadap tingkat agresivitas anak diterima. persentase sumbangan pengaruh variabel intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper terhadap variabel tingkat agresivitas anak sebesar 10,4%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. 4. PENUTUP Simpulan 1. Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi (X1) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi intensitas menonton film animasi, menyebabkan semakin tingginya tingkat agresivitas anak. 2. Terdapat hubungan yang negatif antara peran orangtua sebagai gatekeeper (X2) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Tingkat agresivitas anak rendah walaupun parental mediation yang dilakukan orangtua rendah. 3. Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi (X1) dan peran orangtua sebagai gatekeeper (X2) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi intensitas menonton film animasi, semakin tinggi tingkat agresivitas anak, apabila peran orangtua sebagai gatekeeper rendah. Saran Secara teoriris, disarankan tidak hanya meneliti mengenai hubungan, tetapi juga pengaruh intensitas menonton film animasi. Peneliti selanjutnya juga bisa menambahkan variabel yang berbeda, misalnya intensitas komunikasi interpersonal, pola asuh orangtua, atau faktor demografis, karena variabel-variabel tersebut dimungkinkan bisa mempengaruhi tingkat agresivitas anak. Secara praktis, untuk Komisi Penyiaran Indonesia adalah supaya bisa membatasi penayangan film animasi yang mengandung muatan negatif, dan memberikan klasifikasi tayangan pada film animasi yang ditayangkan. Secara sosial, untuk masyarakat khususnya orang tua agar lebih waspada terhadap tontonan anak, khususnya film animasi. Orangtua harus bisa memperhatikan informasi yang dikonsumsi melalui program televisi beserta dampak negatifnya pada anak dengan memberikan bimbingan pada anaknya (parental mediation). Bagi orang tua yang memiliki kesibukan karena bekerja, sehingga tidak memiliki waktu untuk selalu bisa menemani anak menonton televisi, sebaiknya bimbingan kepada anak tetap dilakukan dengan melakukan restrictive mediation yaitu memberi aturan-aturan pada anak mengenai tayangan televisi. Selain itu, orangtua dapat melakukan coviewing mediation dan active mediation pada hari libur, seperti sabtu dan minggu. 5. DAFTAR PUSTAKA DeVito, Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta : Profesional Books Hidayati, Arini. 1998. Televisi dan Perkembangan Sosial Anak. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Mendoza, Kelly. 2009. Journal of Media Literacy Education : Surveying Parental Mediation: Connections, Challenges and Questions for Media Literacy Moeller, Thomas G. 2001. Youth Aggresion and Violence: A Psychological Approach Santrock, John W. 2003. Adolescence : Perkembangan Remaja, Edisi 6. Jakarta : Erlangga Silalahi, Laurel Benny Saron. 2012. Tawuran Pelajar, Dampak Adegan Kekerasan yang Dilihat Remaja dalam http://m.merdeka.com/jakarta/tawuran-pelajar-dampak-adegan-kekera san-yang-dilihat-remaja.html . Diakses pada tanggal 12 April 2013 Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Prenada Media Group }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/4345} }
Refworks Citation Data :
Hubungan Intensitas Menonton Film Animasi dan Peran Orangtua SebagaiGatekeeper terhadap Tingkat Agresivitas AnakABSTRAKSaat ini banyak film animasi yang ditayangkan untuk anak-anak dan pada jammenonton anak. Film animasi tersebut tidak hanya ditayangkan di televisi nasional saja,bahkan televisi berlangganan pun mempunyai beberapa channel yang khususmenayangkan film animasi. Akan tetapi, tidak semua film animasi mengandung muatanpositif. Film animasi yang mengandung muatan-muatan negatif, dikhawatirkan dapatmemicu perilaku agresif pada anak. Faktor yang mempengaruhi tingkat agresivitas anakantara lain intensitas menonton film animasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitasmenonton film animasi terhadap tingkat agresivitas anak yang disertai dengan peranorangtua sebagai gatekeeper. Teori yang digunakan adalah teori belajar sosial (sociallearning theory) dan parental mediation theory. Tipe penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah tipe eksplanatori dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas 4, 5, dan 6 di kota Semarang.Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan sampelsebanyak 73 responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antaraintensitas menonton film animasi terhadap tingkat agresivitas anak dengan signifikansi0,04 dan terdapat hubungan yang negatif antara peran orangtua sebagai gatekeeperterhadap tingkat agresivitas anak dengan signifikansi 0,521. Akan tetapi terdapathubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi dan peran orangtuasebagai gatekeeper terhadap tingkat agresivitas anak dengan signifikansi 0,021.Persentase sumbangan variabel intensitas menonton film animasi dan variabel peranorangtua sebagai gatekeeper terhadap variabel tingkat agresivitas anak sebesar 10,4%.Saran bagi Komisi Penyiaran Indonesia, hendaknya bisa membatasi penayanganfilm animasi yang mengandung muatan negatif. Bagi penelitian selanjutnya disarankanuntuk melakukan penelitian dengan variabel yang berbeda, misalnya intensitaskomunikasi interpersonal, pola asuh orangtua, atau faktor demografis, karenavariabel-variabel tersebut dimungkinkan bisa mempengaruhi tingkat agresivitas anak.Kata kunci : intensitas menonton film animasi; peran orangtua sebagai gatekeeper;tingkat agresivitas anakABSTRACTToday there’s a lot of animated films are aired for the children and in thechildren’s spare time. The animated film is not only aired on national television,but also in subscription television that have channels that broadcast animatedfilms. However, not all animated films contains positive values. Animated filmsthat contained negative values, it is feared could trigger aggressive behavior inchildren. Factors that affected the level of children’s aggressivity include theintensity of watching animated films and the parent’s role as gatekeeper.The purpose of this study was to recognize the relationship between theintensity of watching the animated films and the parent’s role as gatekeeper andthe level of children’s aggressivity. The theory that is used is the social learningtheory and parental mediation theory. This type of research used in this study isthe explanatory type with quantitative research method approach. The populationof this research were primary school childrens grades 4, 5, and 6 in Semarang.The sampling technique was multistage random sampling with the sample of 73respondents.The results showed that there was a realtionship between the intensity ofwatching the animated movie and the level of children’s aggresivity with asignificance level of 0,04, and also a relationship between the parent’s role asgatekeeper and the level of children’s aggressivity with a significance level of0,521. However, there’s a relationship between the intensity of watching animatedmovie and the parent’s role as gatekeeper and the level of children’s aggresivitywith a significance level of 0.021. The contribution from independence variableand intervening variable toward dependence variable are 10,4%The suggestion for Komisi Penyiaran Indonesia is to limit the animatedfilms with negative values. To the next research, it is suggested to do a researchwith different variables, such as interpersonal communication intensity, parent’sparenting method, or children’s demographic factors, because these variables canalso influence the level of children’s aggressiveness.Keywords: the intensity of watching the animated films;parent’s role asgatekeeper; levels of children’s aggressivity1. PENDAHULUANFilm animasi merupakan tayangan TV bergenre program anak yang mempunyaipersentase paling besar dibandingkan tayangan anak lainnya. Ironisnya, tidaksedikit film animasi yang ditayangkan mengandung lebih banyak muatan negatif,seperti kekerasan, mistik, dan seks.Menurut Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) terdapat tigakategori tayangan televisi untuk anak, yaitu : a). Aman: kategori tayangan yangtidak hanya menghibur bagi anak, tapi juga memberikan manfaat lebih, sepertipendidikan, motivasi, mengembangkan sikap percaya diri dan penanamannilai-nilai positif dalam kehidupan (persahabatan, penghargaan terhadap dirisendiri dan orang lain, kejujuran). b). Hati-hati : tayangan yang relatif seimbangantara muatan positif dan negatif. c). Bahaya : tayangan yang mengandung jauhlebih banyak muatan negatif daripada muatan positif.Di Indonesia pada tahun 2010, menurut YPMA tayangan anak berlabelmerah masih 30%, idealnya 70% adalah aman, padahal angka 30% tersebut belumtermasuk tayangan berkategori hati-hati. Menurut Wayne Danielson dalamNational Television Violence Study 1995-1997, disimpulkan bahwa anak-anaklebih rawan daripada orang dewasa ketika menonton kekerasan. Anak-anak yangmemiliki kecenderungan untuk meniru apa yang dilihat, mempunyaikemungkinan untuk meniru adegan kekerasan di televisi (Vivian, 2008 : 487).Salah satu penyebab anak melakukan kekerasan, menurut Ketua KomnasPerlindungan anak adalah adegan kekerasan yang dipertontonkan pada anak.Adegan kekerasan tersebut menjadi role model bagi anak yang kemudiandiaplikasikan anak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan anak senangmeniru apa yang dilihatnya(http://m.merdeka.com/jakarta/tawuran-pelajar-dampak-adegan-kekerasan-yang-dilihat-remaja.html. diakses pada tanggal 12 April 2013).Orangtua sebagai pembimbing anak saat menonton televisi sangatlahpenting. Orangtua perlu menyeleksi program-program, menghidupkan hanya padaacara tertentu, melakukan diet televisi, juga mengajari anak untuk mengkritisiacara yang ada di televisi. Selain itu, orangtua pun harus tahu banyak mengenaiacara apa saja yang berkaitan dengan anak (Hidayati, 1998 : 90). Peran orangtuasebagai gatekeeper dilihat sebagai penyaring dan pengontrol tayangan televisiyang ditonton anak. Gatekeeper dapat berupa seseorang atau sekelompok yangdilalui suatu pesan dalam perjalanannya dari pengirim ke penerima. Fungsi utamagatekeeper adalah menyaring pesan yang diterima seseorang (DeVito, 1997:530).Hal ini dapat dilakukan orangtua dengan memberi batasan mana yang ditontonoleh anak dan mana yang tidak, serta mendampingi dan memberi penjelasanmengenai adegan atau peristiwa yang ada dalam film kepada anak.Perumusan masalahApakah terdapat hubungan antara intensitas menonton film animasi dan peranorang tua sebagai gatekeeper dengan tingkat angresivitas anak-anak?Tujuan penelitianUntuk mengetahui hubungan intensitas menonton film animasi dan peranorangtua sebagai gatekeeper dengan tingkat agresivitas anak.Kerangka teoriTeori belajar sosial oleh Bandura mengatakan bahwa kita belajar denganmengamati apa yang dilakukan oleh orang lain. Melalui belajar observasi(modeling atau imitasi), kita secara kognitif mempresentasikan tingkah laku oranglain dan kemudian mungkin meniru tingkah laku tersebut (Santrock, 2003 : 53).J. L. Singer menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara parentalmediation, tingkat agresivitas anak, dan seringnya anak menonton televisi. Anakprasekolah yang jarang menonton televisi menunjukkan tingkat agresivitas danparental mediation yang rendah. Anak yang sering menonton televisi denganorangtua yang melakukan parental mediation menunjukkan tingkat agresivitasyang lebih rendah daripada anak yang sering menonton televisi dengan orangtuayang jarang melakukan parental mediation (Moeller, 2001 : 144).Parental mediation merupakan mediasi yang dilakukan orangtua pada anakmengenai televisi. Parental mediation diuraikan sebagai salah satu cara yangpaling efektif dalam mengatur pengaruh televisi pada anak. Terdapat tiga bentukparental mediation menurut Nathanson (Mendoza, 2009 : 30), antara lain:Coviewing mediation (orangtua menonton televisi dengan anak tanpa adanyadiskusi), Restrictive mediation (orangtua menetapkan aturan dan batasan padakonsumsi televisi anak, termasuk jenis program dan isi dari televisi), Activemediation (orangtua mendiskusikan dengan anak mengenai apa yang dilihat ditelevisi).Geometri Hubungan Antar VariabelHipotesis· Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi(X1) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi intensitasmenonton film animasi akan menyebabkan semakin tingginya tingkatagresivitas anak.· Terdapat hubungan yang positif antara peran orangtua sebagai gatekeeper(X2) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi peran orangtuasebagai gatekeeper akan menyebabkan semakin rendahnya tingkatagresivitas anak.· Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi(X1) dan peran orangtua sebagai gatekeeper (X2) terhadap tingkatagresivitas anak (Y).MetodologiTipe / jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori.Populasi dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6 di kotaSemarang yang tersebar di 16 subrayon. Untuk penelitian ini menggunakanmultistage random sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakansimple random sampling, jumlah sampel yang diperoleh adalah 73 siswa.INTENSITASMENONTON FILMANIMASI (X1)PERAN ORANGTUASEBAGAIGATEKEEPER (X2)TINGKATAGRESIVITASANAK(Y)2. HASIL PENELITIANFrekuensi Menonton Film Animasi Durasi Menonton Film AnimasiIndikator Peran Orangtua Sebagai GatekeeperPeran Orangtua Sebagai Gatekeeper Tingkat Agresivitas Responden3. PEMBAHASANHubungan X1 dengan YPengujian adanya hubungan intensitas menonton film animasi (X1) terhadaptingkat agresivitas anak (Y) didasarkan pada nilai korelasi yang diperoleh yaitu0,311, nilai korelasi mendekati angka 1 dengan signifikansi yang diperoleh, yaitusebesar 0,04, yang artinya lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak. Sehinggahipotesis yang menyatakan bahwa intensitas menonton film animasi berpengaruhterhadap tingkat agresivitas anak diterima.Hubungan X2 dengan YPengujian adanya hubungan intensitas menonton film animasi (X1) terhadaptingkat agresivitas anak (Y) didasarkan pada nilai korelasi yang diperoleh yaitu -0,073, nilai korelasi mendekati angka 0, menunjukkan hubungan yang lemah.Signifikansi yang diperoleh, yaitu sebesar 0,521, yang artinya lebih besar dari0,05, maka Ho diterima. Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa peranorangtua sebagai gatekeeper berpengaruh terhadap tingkat agresivitas anakditolak.Hubungan X1 dan X2 dengan YPengujian adanya pengaruh intensitas menonton film animasi dan peran orangtuasebagai gatekeeper terhadap tingkat agresivitas anak didasarkan pada signifikansiyang diperoleh, yaitu sebesar 0,021. Karena signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak.Sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa intensitas menonton film animasi danperan orangtua sebagai gatekeeper berpengaruh terhadap tingkat agresivitas anakditerima. persentase sumbangan pengaruh variabel intensitas menonton filmanimasi dan peran orangtua sebagai gatekeeper terhadap variabel tingkatagresivitas anak sebesar 10,4%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainyang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.4. PENUTUPSimpulan1. Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi (X1)terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Semakin tinggi intensitas menontonfilm animasi, menyebabkan semakin tingginya tingkat agresivitas anak.2. Terdapat hubungan yang negatif antara peran orangtua sebagai gatekeeper(X2) terhadap tingkat agresivitas anak (Y). Tingkat agresivitas anak rendahwalaupun parental mediation yang dilakukan orangtua rendah.3. Terdapat hubungan yang positif antara intensitas menonton film animasi (X1)dan peran orangtua sebagai gatekeeper (X2) terhadap tingkat agresivitas anak(Y). Semakin tinggi intensitas menonton film animasi, semakin tinggi tingkatagresivitas anak, apabila peran orangtua sebagai gatekeeper rendah.SaranSecara teoriris, disarankan tidak hanya meneliti mengenai hubungan, tetapi jugapengaruh intensitas menonton film animasi. Peneliti selanjutnya juga bisamenambahkan variabel yang berbeda, misalnya intensitas komunikasiinterpersonal, pola asuh orangtua, atau faktor demografis, karena variabel-variabeltersebut dimungkinkan bisa mempengaruhi tingkat agresivitas anak.Secara praktis, untuk Komisi Penyiaran Indonesia adalah supaya bisa membatasipenayangan film animasi yang mengandung muatan negatif, dan memberikanklasifikasi tayangan pada film animasi yang ditayangkan.Secara sosial, untuk masyarakat khususnya orang tua agar lebih waspada terhadaptontonan anak, khususnya film animasi. Orangtua harus bisa memperhatikaninformasi yang dikonsumsi melalui program televisi beserta dampak negatifnyapada anak dengan memberikan bimbingan pada anaknya (parental mediation).Bagi orang tua yang memiliki kesibukan karena bekerja, sehingga tidak memilikiwaktu untuk selalu bisa menemani anak menonton televisi, sebaiknya bimbingankepada anak tetap dilakukan dengan melakukan restrictive mediation yaitumemberi aturan-aturan pada anak mengenai tayangan televisi. Selain itu, orangtuadapat melakukan coviewing mediation dan active mediation pada hari libur,seperti sabtu dan minggu.5. DAFTAR PUSTAKADeVito, Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta : Profesional BooksHidayati, Arini. 1998. Televisi dan Perkembangan Sosial Anak. Yogyakarta :Pustaka PelajarMendoza, Kelly. 2009. Journal of Media Literacy Education : Surveying ParentalMediation: Connections, Challenges and Questions for MediaLiteracyMoeller, Thomas G. 2001. Youth Aggresion and Violence: A PsychologicalApproachSantrock, John W. 2003. Adolescence : Perkembangan Remaja, Edisi 6. Jakarta :ErlanggaSilalahi, Laurel Benny Saron. 2012. Tawuran Pelajar, Dampak Adegan Kekerasanyang Dilihat Remaja dalamhttp://m.merdeka.com/jakarta/tawuran-pelajar-dampak-adegan-kekerasan-yang-dilihat-remaja.html . Diakses pada tanggal 12 April 2013Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Prenada MediaGroup
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.