BibTex Citation Data :
@article{IO10312, author = {Annisya Putri and Tandiyo Pradekso and Sri Herieningsih and Wiwid Rakhmad}, title = {Pengaruh Citra Merek dan Terpaan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang}, journal = {Interaksi Online}, volume = {4}, number = {1}, year = {2015}, keywords = {citra merek; terpaan iklan; keputusan pembelian}, abstract = { Selama tujuh tahun terakhir, penjualan otomotif di Indonesia naik hampir empat kali lipat atau 286%. Para produsen mobil terus melakukan inovasi terhadap produknya. Hal ini terlihat dari semakin beraneka ragamnya merek dan jenis mobil di Indonesia. Toyota, sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia meluncurkan beberapa jenis mobil. Pada kategori hatchback, PT. Toyota Astra Motor mengeluarkan beberapa jenis produk yaitu Toyota Yaris. Sebagai produk yang diunggulkan di kelasnya, tentunya produsen mengharapkan angka penjualan yang bagus dengan selalu mencapai target di setiap tahunnya. Akan tetapi, di beberapa tahun Yaris tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Guna meningkatkan penjualan, Toyota memutuskan untuk meningkatkan citra merek dan beriklan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan terpaan iklan terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Reasoned Action Theory dan Strong Theory of Advertising digunakan untuk menjelaskan pengaruh citra merek dan terpaan iklan terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat berusia 28 hingga 55 tahun, SES B-A yang merupakan segmentasi pasar Toyota Yaris dengan teknik systematic random sampling. Analisis Regresi Logistik digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi variabel citra merek 0.001 dengan koefisiensi regresi 0,222 dan nilai signifikansi terpaan iklan 0,035 dengan koefisiensi regresi sebesar 0,745. Kedua variabel memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari α (0.05) yang berarti citra merek dan terpaan iklan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Koefisien regresi menunjukkan arah pengaruh positif citra merek dan terpaan iklan terhadap keputusan pembelian. Citra Merek dan Terpaan iklan dapat menjelaskan probabilitas keputusan pembelian Toyota Yaris sebesar 31,5%, sedangkan 68,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lainnya. Citra merek positif mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 1,249 kali dan terpaan iklan yang tinggi mampu meningkatkan pembelian 2,107 kali lebih besar daripada terpaan iklan rendah. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/10312} }
Refworks Citation Data :
Selama tujuh tahun terakhir, penjualan otomotif di Indonesia naik hampir empat kali lipatatau 286%. Para produsen mobil terus melakukan inovasi terhadap produknya. Hal ini terlihatdari semakin beraneka ragamnya merek dan jenis mobil di Indonesia. Toyota, sebagai salah satupabrik otomotif terbesar di Indonesia meluncurkan beberapa jenis mobil. Pada kategorihatchback, PT. Toyota Astra Motor mengeluarkan beberapa jenis produk yaitu Toyota Yaris.Sebagai produk yang diunggulkan di kelasnya, tentunya produsen mengharapkan angkapenjualan yang bagus dengan selalu mencapai target di setiap tahunnya. Akan tetapi, di beberapatahun Yaris tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Guna meningkatkan penjualan,Toyota memutuskan untuk meningkatkan citra merek dan beriklan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan terpaan iklanterhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Reasoned Action Theory danStrong Theory of Advertising digunakan untuk menjelaskan pengaruh citra merek dan terpaaniklan terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Populasi dalam penelitianini adalah masyarakat berusia 28 hingga 55 tahun, SES B-A yang merupakan segmentasi pasarToyota Yaris dengan teknik systematic random sampling.Analisis Regresi Logistik digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Uji hipotesismenunjukkan nilai signifikansi variabel citra merek 0.001 dengan koefisiensi regresi 0,222 dannilai signifikansi terpaan iklan 0,035 dengan koefisiensi regresi sebesar 0,745. Kedua variabelmemiliki nilai signifikansi lebih kecil dari α (0.05) yang berarti citra merek dan terpaan iklanmemiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Koefisienregresi menunjukkan arah pengaruh positif citra merek dan terpaan iklan terhadap keputusanpembelian.Citra Merek dan Terpaan iklan dapat menjelaskan probabilitas keputusan pembelianToyota Yaris sebesar 31,5%, sedangkan 68,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabellainnya. Citra merek positif mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 1,249kali dan terpaan iklan yang tinggi mampu meningkatkan pembelian 2,107 kali lebih besardaripada terpaan iklan rendah.
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.