skip to main content

Produksi Program Acara Talk Show “Sore Binggo” di Pro 2 RRI Semarang (Pengarah Kreatif)


Citation Format:
Abstract

Radio Republik Indonesia merupakan radio tertua di Indonesia dan satu satunya radio milik pemerintah yang memiliki visi mewujudkan lembaga penyiaran publik radio republik Indonesia sebagai radio berjejaringan terluas, pembangunan karakter bangsa, berkelas dunia. RRI memiliki jaringan yang sangat luas dari Aceh hingga Papua, namun tidak banyak orang khususnya anak muda yang berminat untuk mendengarkan Radio Republik Indonesia. Alasan utama adalah citra RRI sebagai radio berita dan radio untuk orang tua, sehingga kurang menarik bagi anak muda.
Salah satu solusi adalah membuat program talk show Sore Binggo di Pro 2 RRI Semarang dan menyasar anak muda sebagai target pendengarnya. Sehingga diharapkan dapat kembali meningkatkan pendengar radio khususnya Pro 2 RRI Semarang yang memiliki target pendengar kalangan anak muda. Selama pelaksanaan program ini, penulis bertugas pengarah kreatif. Sebagai pengarah kreatif, penulis bertugas memberikan ide-ide kreatif agar dapat menarik minat pendengar untuk mengikuti acara Sore Binggo.
Dari hasil kuesioner mengenai pendengar RRI Pro 2, diperoleh hasil peningkatan sebanyak 54% dari data awal yang diperoleh. Dan untuk pendengar program “Sore Binggo” yang awalnya hanya 3% meningkat menjadi 79%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya format baru yang dimasukkan ke dalam program “Sore Binggo” selain dapat meningkatkan jumlah pendengar program tersebut juga dapat meningkatkan jumlah pendengar dari RRI Pro 2.

Fulltext View|Download
Keywords: radio, program, talkshow

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.