Pengaruh Citra Merek dan Terpaan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang

Annisya Winarni Putri, Tandiyo Pradekso, Sri Widowati Herieningsih, Wiwid Noor Rakhmad

Abstract


Selama tujuh tahun terakhir, penjualan otomotif di Indonesia naik hampir empat kali lipat
atau 286%. Para produsen mobil terus melakukan inovasi terhadap produknya. Hal ini terlihat
dari semakin beraneka ragamnya merek dan jenis mobil di Indonesia. Toyota, sebagai salah satu
pabrik otomotif terbesar di Indonesia meluncurkan beberapa jenis mobil. Pada kategori
hatchback, PT. Toyota Astra Motor mengeluarkan beberapa jenis produk yaitu Toyota Yaris.
Sebagai produk yang diunggulkan di kelasnya, tentunya produsen mengharapkan angka
penjualan yang bagus dengan selalu mencapai target di setiap tahunnya. Akan tetapi, di beberapa
tahun Yaris tidak bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Guna meningkatkan penjualan,
Toyota memutuskan untuk meningkatkan citra merek dan beriklan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan terpaan iklan
terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Reasoned Action Theory dan
Strong Theory of Advertising digunakan untuk menjelaskan pengaruh citra merek dan terpaan
iklan terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian
ini adalah masyarakat berusia 28 hingga 55 tahun, SES B-A yang merupakan segmentasi pasar
Toyota Yaris dengan teknik systematic random sampling.
Analisis Regresi Logistik digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis
menunjukkan nilai signifikansi variabel citra merek 0.001 dengan koefisiensi regresi 0,222 dan
nilai signifikansi terpaan iklan 0,035 dengan koefisiensi regresi sebesar 0,745. Kedua variabel
memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari α (0.05) yang berarti citra merek dan terpaan iklan
memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris di Kota Semarang. Koefisien
regresi menunjukkan arah pengaruh positif citra merek dan terpaan iklan terhadap keputusan
pembelian.
Citra Merek dan Terpaan iklan dapat menjelaskan probabilitas keputusan pembelian
Toyota Yaris sebesar 31,5%, sedangkan 68,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel
lainnya. Citra merek positif mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen sebesar 1,249
kali dan terpaan iklan yang tinggi mampu meningkatkan pembelian 2,107 kali lebih besar
daripada terpaan iklan rendah.


Keywords


citra merek; terpaan iklan; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung