BibTex Citation Data :
@article{IEOJ49003, author = {Yudha Arif Budiyani and Sri Hartini}, title = {ANALISIS TERJADINYA KETERLAMBATAN PADA DISTRIBUSI CARGO CURAH DARI KAPAL KE WAREHOUSE MENGGUNAKAN METODE FISHBONE DIAGRAM DAN 5W+1H (Studi Kasus: PT XYZ)}, journal = {Industrial Engineering Online Journal}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {Jetty; Bulk Cargo; Loading and Unloading Activities; Distribution}, abstract = { Abstrak PT XYZ merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa logistik dan kepelabuhanan. Perusahaan ini melayani jasa bongkar muat general cargo dan cargo curah, pergudangan, jetty management, dan kegiatan pemanduan. Permasalahan yang dialami perusahaan ini adalah terjadinya keterlambatan dalam proses distribusi cargo curah menyebabkan kerugian bagi perusahaan karena perusahaan harus membayar denda atau biaya tambahan kepada pemilik atau penyewa kapal (demurrage). Keterlambatan ini dapat terjadi karena durasi proses distribusi melebihi batas waktu yang telah ditargetkan sebelumnya. Penelitian ini mengumpulkan data terkait durasi operasi distribusi yang kemudian akan dilanjutkan dengan metode fishbone diagram dan 5W+1H. Melalui metode fishbone diagram, faktor-faktor penyebab keterlambatan dapat diidentifikasi dan strategi untuk mengatasi setiap faktor yang disusun. Kemudian dilakukan rekomendasi perbaikan dengan metode 5W+1H untuk menyusun langkah-langkah perbaikan setelah sebab-sebabnya diketahui. Diharapkan penggunaan metode-metode ini dapat meningkatkan efisiensi distribusi cargo curah, mengurangi risiko keterlambatan, menghindari pembayaran denda atau biaya tambahan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat reputasi perusahaan. Kata Kunci: Distribusi; Bongkar Muat; Cargo Curah; Dermaga Abstract [Analysis of Delays in Bulk Cargo Distribution from Ship to Warehouse Using the Fishbone Diagram and 5W+1H Method (Case Study: PT XYZ)]. PT XYZ is a company focused on logistics and port services. The company provides services such as general cargo and bulk cargo handling, warehousing, jetty management, and pilotage activities. The issue faced by the company is the occurrence of delays in the distribution process of bulk cargo, resulting in financial losses due to the payment of fines or additional costs to ship owners or lessees (demurrage). These delays can occur when the duration of the distribution process exceeds the previously targeted time limit. This study collects data related to the duration of distribution operations, which will then be followed by the fishbone diagram and 5W+1H methods. Through the fishbone diagram method, the factors causing the delays can be identified, and strategies to address each factor are developed. Recommendations for improvement are then made using the 5W+1H method to outline the necessary steps after the causes have been identified. It is expected that the use of these methods will enhance the efficiency of bulk cargo distribution, reduce the risk of delays, avoid fines or additional costs, improve customer satisfaction, and strengthen the company's reputation. Keywords: Jetty; Bulk Cargo; Loading and Unloading Activities; Distribution }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/49003} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
PT XYZ merupakan perusahaan yang berfokus pada jasa logistik dan kepelabuhanan. Perusahaan ini melayani jasa bongkar muat general cargo dan cargo curah, pergudangan, jetty management, dan kegiatan pemanduan. Permasalahan yang dialami perusahaan ini adalah terjadinya keterlambatan dalam proses distribusi cargo curah menyebabkan kerugian bagi perusahaan karena perusahaan harus membayar denda atau biaya tambahan kepada pemilik atau penyewa kapal (demurrage). Keterlambatan ini dapat terjadi karena durasi proses distribusi melebihi batas waktu yang telah ditargetkan sebelumnya. Penelitian ini mengumpulkan data terkait durasi operasi distribusi yang kemudian akan dilanjutkan dengan metode fishbone diagram dan 5W+1H. Melalui metode fishbone diagram, faktor-faktor penyebab keterlambatan dapat diidentifikasi dan strategi untuk mengatasi setiap faktor yang disusun. Kemudian dilakukan rekomendasi perbaikan dengan metode 5W+1H untuk menyusun langkah-langkah perbaikan setelah sebab-sebabnya diketahui. Diharapkan penggunaan metode-metode ini dapat meningkatkan efisiensi distribusi cargo curah, mengurangi risiko keterlambatan, menghindari pembayaran denda atau biaya tambahan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperkuat reputasi perusahaan.
Kata Kunci: Distribusi; Bongkar Muat; Cargo Curah; Dermaga
Abstract
[Analysis of Delays in Bulk Cargo Distribution from Ship to Warehouse Using the Fishbone Diagram and 5W+1H Method (Case Study: PT XYZ)]. PT XYZ is a company focused on logistics and port services. The company provides services such as general cargo and bulk cargo handling, warehousing, jetty management, and pilotage activities. The issue faced by the company is the occurrence of delays in the distribution process of bulk cargo, resulting in financial losses due to the payment of fines or additional costs to ship owners or lessees (demurrage). These delays can occur when the duration of the distribution process exceeds the previously targeted time limit. This study collects data related to the duration of distribution operations, which will then be followed by the fishbone diagram and 5W+1H methods. Through the fishbone diagram method, the factors causing the delays can be identified, and strategies to address each factor are developed. Recommendations for improvement are then made using the 5W+1H method to outline the necessary steps after the causes have been identified. It is expected that the use of these methods will enhance the efficiency of bulk cargo distribution, reduce the risk of delays, avoid fines or additional costs, improve customer satisfaction, and strengthen the company's reputation.
Keywords: Jetty; Bulk Cargo; Loading and Unloading Activities; Distribution
Last update:
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239
Telp / Fax : (024) 7460052
Email : i_engineering@ymail.com